Tingkatkan Kreativitas Siswa Melalui Ekstrakulikuler

Selasa, 13 November 2018 - 20:45:05 | dibaca: 68 kali


SMA Adhiyaksa Jambi
SMA Adhiyaksa Jambi /

radarjambi.co.id - KOTA JAMBI - Dalam upaya mengembangkan minat dan bakat kreativitas siswa dalam mewujudkan keinginan, kegiatan ekstrakulikuler sebagai sarana untuk menumbuhkan kembangkan. Selain itu sebagai wadah penunjang prestasi akademik siswa dalam belajar di kelas.


Seperti yang dilakukan SMA Adhyaksa I Jambi. Sekolah terus menambah kegiatan ekstrakulikuler siswa, agar siswa lebih kreatif dan beragam memilih ekstrakulikuler untuk menunjang hobi sesuai minat dan kemampuan dengan pendampingan para guru yang telah ahli dan berpengalaman.

"Tahun ajaran ini kita tambah 3 ekstrakurikuler baru, jadi SMA Adhyaksa I punya 27 ekstrakurikuler," kata Kepala SMA Adhyaksa I, Juhaldi.

Menurutnya, penambahan kegiatan di luar KBM ditambah dinilai sangat mendukung siswa dalam belajar, selain memberikan kesempatan yang seluas- luasnya menuangkan ide kreativitas di luar akademik.

"Terlebih di kurikulum 2013, ekstrakurikuler sebagai penguatan karakter," imbuhnya.

Kendati demikian menurut Juhaldi, pihaknya memiliki satu kegiatan ekstrakurikuler wajib yang harus diikuti seluruh siswanya, yakni kegiatan kepramukaan. Dimana sekolah menyambut siswa dengan kegiatan PTA, kegiatan kepramukaan tingkatan dalam jenjang penegak.

"Karena Pramuka kegiatan yang sangat positif," jelasnya.

Lebih lanjut, setiap ekstrakurikuler harus diikuti minimal 20 siswa untuk memenuhi standar kegiatan, karena Juhaldi menjelaskan, setiap kegiatan memerlukan anggaran melalui anggaran dana BOS. "Dana BOS kegiatan ekstrakurikuler siswa," ujarnya.

Kegiatan sendiri dilakukan selama 2 kali dalam setiap minggunya dengan memanfaatkan waktu usai jam pelajaran berakhir. "Supaya siswa tidak terganggu belajarnya," sebutnya.

Kemudian dirinya berharap, para siswa dapat mengikuti kegiatan di sekolah dengan sebaik mungkin, agar dapat memberikan pendampingan dan mengembangkan minat bakat dan menorehkan prestasi membanggakan.

"Bertanding di luar sekolah di setiap tingkatan dan kegiatan," pungkasnya.

 

 

Reporter : Hilman

Editor     : Ansori