Nelayan Tanjabtim dan Tanjabbar Diminta Melaut di Zona Aman

Kamis, 15 November 2018 - 21:24:56


Nelayan
Nelayan /

 

radarjambi.co.id - KOTA JAMBI - Nelayan di Kabupataten Tanjung Jabung Barat dan Tanjung Jabung Timur Provinsi Jambi yang melakukan aktivitas melaut dihimbau untuk tetap berada di zona aman selama musim penghujan saat ini.


Pasalnya angin kencang dan gelombang tinggi saat ini berpotensi terjadi. Untuk itu kewaspadaan para nelayan juga di harapkan. Hal ini disampaikan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan ( DKP) Provinsi Jambi Temawisman.

Menurut Temawisman, para nelayan sudah diingatkan untuk tetap berada di garis batas aman ketika melaut di dua bulan ini yakni November hingga Desember.

"Himbauan dari kami baik itu melalui penyuluh bantu lapangan sudah disampaikan untuk November hingga Desember ini sampai sekarang angin kuat dan gelombang tinggi kami sarankan nelayan kami untuk berada digaris- garis atau jalur jalur aman dipinggir saja," sebut Kadis Kelautan dan Perikanan Provinsi Jambi itu, Kamis ( 15/11).

Terkait kewenangan pengelolaan laut, dijelaskan Dirinya, sesuai Rencana Zonasi Wilayah Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil (RZWP3K) Kewenangan Provinsi Jambi mencapai 12 mil.

Dapat diketahui ada tiga daerah di Jambi saat ini berstatus siaga darurat banjir diantaranya Kabupaten Bungo, Kerinci dan Kota Sungaipenuh.

Berdasarkan keterangan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), intensitas hujan November dan Desember sangat tinggi. Sebab itu semua daerah di Jambi khususnya di sepanjang aliran Sungai Batanghari rawan terdampak banjir.

"Saat ini kondisi hujan bukan dari ringgan ke sedang tapi dari sedang ke lebat,"tukasnya.

 

 

Reporter : E Haryanto

Editor     : Ansori