Wawako Serahkan Bantuan Korban Banjir

Kamis, 15 November 2018 - 21:29:48


Wakil Walikota Berbincang Dengan Warga yang Jadi Korban Banjir
Wakil Walikota Berbincang Dengan Warga yang Jadi Korban Banjir /

radarjambi.co.id - KOTA JAMBI - Wakil walikota Jambi Maulana bersama dinas terkait meninjau secara langsung lokasi korban tanah longsor dan sekaligus memberikan bantuan kepada korban.

Di Sungai putri jalan HM. Yusuf Singedekane, Sungai Putri, Telanaipura, Kota Jambi dilanda tanah longsor.

Curah hujan yang sangat tinggi memicu terjadinya longsor tersebut. Kamis sore (15/11)


Ada 3 rumah yang terkena dampak longsor salah satu rumah yang paling parah terkena longsor adalah rumah Abasri.

"Pertanda tanah yang terdengar bergeser seperti akar yang putus. Sekitar pukul 21:00 WIB dan kami sekeluarga langsung buru-buru keluar dari rumah dan membereskan peralatan rumah yang akan di selamatkan. Selang waktu 2 jam tanah dan bangunan belakang rumah ambruk 2 kamar tidur dan dapur hancur, kejadian kisaran pukul 23:00 WIB malam yang mengakibatkan bagian belakang rumah ambruk,'' ujarnya.

“Alhamdulillah tidak ada korban, kami semua selamat, cuman beberapa peralatan rumah yang rusak dan tidak bisa di gunakan lagi,” ungkapnya.

Absari mengatakan bahwa dirinya bertahan di tempat ini karena tidak memiliki dana untuk pindah ke tempat lain.

“Mau pindah kami tidak mempunyai dana untuk pindah rumah, sang istri yang terkena struk ringan pun enggan untuk pindah rumah, dia ingin tetap menghuni rumah ini. Hidup dan mati udah di tentukan yang di atas,'' ujar sang istri.

''Kami membuat tenda untuk berteduh. Kalau untuk kerugian kami tidak tau berapa kerugian yang kami alami atas musibah ini,”ungkapnya.

“Harapan saya, pemerintah memberikan bantuan kepada kami atas terjadinya musibah ini,'' tukasnya.

Warga yang lain berharap bagian belakang rumah kalau bisa dikasi dam yang kokoh untuk penahan agar tidak terjadi longsor lagi.

Pemerintah Kota Jambi melalui Dinas ssosial menyerahkan bantuan kepada korban tanah longsor tersebut.

“Ada susu 3 kaleng, teh ada 3 kotak, kopi AA, minyak sayur 3 liter, panci, tempat nasi, sendok nasi, lingkat, dan matras, selimut woll,dan alat-alat mandi, senter, alat-alat bayi, dan perlengkapan keluarga, baju, “ ujar Kaspul kepala Dinas Sosial disaksikan Wakil Wali Kota Jambi.

Pada kesempatan tersebut maulana mengatakan bahwa dirinya sangat mengapresiasi kinerja team pemerintah Kota Jambi dalam menggangani korban bencana.

“Saya atas nama pemerintah Kota Jambi, tentu ikut berbela sungkawa, berduka karena kita tahu tadi malam curah hujan di Kota Jambi memang sagat tinggi. Saya mendapatkan laporan dibeberapa titik juga ada yang banjir bahkan sampai ke lapas juga mengalami kebanjiran,”ujarnya.

“Dan team kami Alhamdulilah sigap malam itu , saya mengapresiasi semua kepla dinas, kepla OPD yang terkait tidak tidur, memonitor semua kejadian yang ada di Kota Jambi, ini dan kita tahu pertama ini adalah faktor alam yang Allah berikan kepada kita curah hujan tinggi, disaat yang bersamaan sungai Batanghari juga tinggi, kiriman dari kabupaten lain,”lanjut Maulana
.
“Pada pukul 11 saya mendapatkan laporan terjadi longsor yang menimpa 3 KK ini tentu kami ingin membantu dan dari pemerintah sudah turun. Bantuan cepatnya respon cepat terhadap, Insya Allah 1 bulan kemudian akan ada bantuan untuk perbaikan fisik sesuai dengan tingkat kerusakannya masing-masing 3 KK ini,”kata Maulana.

Maulana menghimbau kepada seluruh masyarakat Kota jambi untuk meningkatkan kewaspadaan mengahdapi musim hujan, dan harus mengutamakan balita,anak-anak, lansia, orang yang sedang sakit stroke.

“Saya atas nama pemerintah menghimbau kepada kita semua masyarakat kota Jambi dengan situasi seperti ini, situasi alam yang seperti ini kita harus meningkatkan kewaspadaan terutama risiko banjir, terurtama bagi keluarga yang memiliki balita,anak-anak, lansia, orang yang sedang sakit stroke seperti bapak ini. Itu harus punya perhatian khusus ke waspadaan apabila sewaktu-waktu terjadi banjir terjadi longsor maka kelompok kelompok lansia bayi balita orang sakit jiwa dulu yang harus segera dievakuasi ,”ujarnya.

Kepada seluruh camat dan lurah sekota jambi Maulana menghimbau pada hari minggu untuk bergotong royong membersihkan drainase.

''Saya meminta kepada seluruh lurah dan camat mulai hari minggu ini kita lakukan gotong royonguntuk membersihkan drainase karena tidak mungkin pemerintah Kota Jambi bergerak sendiri.

 

 

Reporter : Musriah

Editor     : Ansori