Pasar Keramik Sitimang Jadi Tempat Wisata Belanja Terpopuler di Indonesia

Minggu, 25 November 2018 - 20:34:49 | dibaca: 206 kali


Wakil Walikota Jambi DR dr H Maulana MKM menerima penghargaan dari Asisten Deputi Pengembangan Pemasaran Kementerian Pariwisata RI, Masruroh S.Sos MAB
Wakil Walikota Jambi DR dr H Maulana MKM menerima penghargaan dari Asisten Deputi Pengembangan Pemasaran Kementerian Pariwisata RI, Masruroh S.Sos MAB /

Radarjambi.co.id - JAKARTA - Pasar Keramik Sitimang Pasar Jambi, berhasil meraih penghargaan dan pengakuan sebagai Tempat Wisata Belanja Terpopuler di Indonesia, pada ajang Anugerah Pesona Indonesia (API) Award Tahun 2018.


Wakil Walikota Jambi DR dr H Maulana MKM menerima penghargaan dari Asisten Deputi Pengembangan Pemasaran Kementerian Pariwisata RI, Masruroh S.Sos MAB.

Wakil Wali Kota Jambi DR. dr. H. Maulana, MKM langsung menerima penghargaan tersebut pada Kamis malam (22/11), bertempat di Hotel Grand Sahid Jaya Jakarta. Selain Kota Jambi, Kota Banjarmasin dan Samosir, juga mendapat penghargaan dengan kategori yang sama.

Penghargaan ini merupakan yang kedua kalinya diterima oleh Kota Jambi, setelah sebelumnya pada tahun lalu Kampung Radja, meraih penghargaan Anugerah Pesona Indonesia Tahun 2017, sebagai Tempat Wisata Terbersih dan Terpopuler di Indonesia.

Penghargaan Anugerah Pesona Indonesia Tahun 2018 tersebut diserahkan langsung oleh Menteri Pariwisata RI yang diwakili oleh Asisten Deputi Pengembangan Pemasaran Kementerian Pariwisata RI Masruroh, S.Sos. MAB. Turut hadir pula pada acara malam penganugerahan tersebut, Gubernur, Bupati dan Wali Kota daerah penerima penghargaan.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Jambi DR. dr. H. Maulana, MKM seusai penerimaan penghargaan tersebut, menyampaikan rasa bangga dan harapannya, atas penghargaan yang telah berhasil di raih oleh Kota Jambi itu.

"Malam hari ini kami pesembahkan untuk masyarakat Kota Jambi, bahwa Kota Jambi meraih penghargaan Wisata Belanja Terpopuler pada ajang Anugerah Pesona Indonesia 2018. Semoga ini menjadi kebanggaan kita bersama, memacu kita bersama pemerintah dan masyarakat serta pelaku di bidang parawisata untuk mengembangkan desisinasi di Kota Jambi, sesuai misi dan visi DR. H. Syarif Fasha, ME dan DR. dr. H. Maulana MKM, untuk meningkatkan semua yang berkaitan dengan pariwisata, termasuk destinasi wisata, sehingga kedepan akan banyak mendapatkan penghargaan pada tahun berikutnya Insya Allah," ujarnya.

Pada kesempatan itu, Wawako Maulana turut pula menyampaikan apresiasi dan terima kasihnya atas partisipasi dan support dari masyarakat Kota Jambi, Provinsi Jambi, dan seluruh stake holder yang telah berperan penting dalam pencapaian prestasi di bidang pariwisata di Kota Jambi itu.

"Kami ucapkan terima kasih dan apresiasi luar biasa kepada seluruh masyarakat Kota Jambi, Provinsi Jambi dan berbagai pihak yang telah mensupport Pasar Keramik Sitimang, sebagai tempat Wisata Belanja Terpopuler di Indonesia," pungkas Maulana.

Memasuki tahun ketiga, ajang Anugerah Pesona Indonesia (API), sebagai ajang promosi pariwisata terpopuler di Indonesia, telah banyak membantu dalam memberitakan berbagai objek dan tujuan wisata di Indonesia.

Dalam perkembangannya, ajang ini juga telah menjelma sebagai salah satu tolak ukur keberhasilan pemerintah daerah dalam mengembangkan dan mempromosikan pariwisata di daerahnya. Selain itu, Anugerah Pesona Indonesia juga banyak berperan dalam memperkenalkan dan mengangkat banyak objek tujuan wisata baru di Indonesia.

Sebagaimana diketahui, dalam kurun lima tahun terakhir dibawah kepemimpinan Wali Kota DR. H. Syarif Fasha, ME, telah banyak perubahan besar yang dilakukan dalam meningkatkan kapasitas kota di berbagai bidang dan sektor pembangunan, termasuk dalm sektor pariwisata.

Pengembangan sektor pariwisata di Kota Jambi pun diarahkan bagi tumbuhnya ekonomi kreatif yang dapat mendongkrak pertumbuhan UMKM dan ekonomi masyarakat setempat. Seperti dengan pengembangan objek pariwisata unggulan Danau Sipin, Rumah Tenun dan Kampung Batik, yang dilengkapi dengan infrastruktur pendukung seperti taman dan jogging track, serta juga akan didukung dengan fasilitas wisata air, seperti restaurant terapung, banana boat, jet sky dan lain sebagainya.

Pusat Kota Jambi yang dibelah dengan sungai Batanghari juga memiliki daya tarik tersendiri. Tak banyak kota di dunia yang memiliki potensi pariwisata sungai ditengah kota. Pemkot Jambi juga berencana akan membuat area publik dibibir sungai dengan konsep Water Front City.

Berbagai event pariwisata yang selaras dengan kearifan lokal pun menjadi agenda rutin serta berkelanjutan di Kota Jambi. Sebut saja Festival Angso Duo, Pentas Harmoni Tanah Pilih Pusako Batuah, termasuk setiap malam Minggu dengan konsep Car Free Night (CFN) di kawasan Pedesterian Jomblo.

Sementara wisata budaya dan relegius seperti Haul Keramat Tambak dan Pangeran Wirokusumo, Semarak Muharam, dan Festival Cap Go Meh, juga digelar setiap tahunnya. Lomba Pacu Perahu Tradisional turut pula menambah semaraknya potensi wisata sungai ditengah kota Jambi.

Letak yang sangat strategis sebagai Ibukota Provinsi, juga menjadikan Kota Jambi sebagai pusat perdagangan dan jasa yang menarik di Provinsi Jambi. Infrastruktur modern seperti hotel-hotel berbintang, pusat perbelanjaan dan restaurant serta akses transportasi yang mudah, menjadikan Kota Jambi kedepannya layak menjadi kota MICE (Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition) baik skala nasional maupun internasional.

Potensi besar tersebutlah yang akan terus dioptimalkan oleh duet kepemimpinan Wali Kota Syarif Fasha bersama Dokter Maulana, dalam meletakkan pondasi pembangunan berkelanjutan di Kota Jambi, dimana perpaduan seni, budaya dan potensi alam, adalah aset yang tak ternilai harganya yang dimiliki oleh Tanah Pilih Pusako Batuah Kota Jambi.

 

 

Reporter : Musriah

Editor     : Hilman