Rossi: Mesin Baru Yamaha Tak Kompetitif di MotoGP 2019

Kamis, 29 November 2018 - 22:06:34


Format Factory Valentino Rossi
Format Factory Valentino Rossi /

Radarjambi.co.id - Jerez - Pembalap Yamaha Movistar, Valentino Rossi mengeluhkan mesin baru motor Yamaha. Keluhan itu dia ungkapkan usai hanya menduduki posisi ke-17 di hari pertama tes MotoGP di Jerez, Spanyol, Rabu (28/11). Menurut Rossi, mesin baru motor Yamaha tak kompetitif untuk tampil di MotoGP 2019.

Setelah tes hari pertama, Rossi mengaku sudah menjatuhkan pilihan dari dua jenis mesin yang disodorkan Yamaha. Dia memilih versi mesin yang lebih ramah untuk pengereman, dibanding yang akselerasinya lebih bagus. Namun, menurut Rossi mesin tersebut juga tak menjanjikan lompatan besar dibanding MotoGP 2018.

"Masalahnya adalah kami tak membuat langkah besar. Jika Anda membandingkan diri dengan pembalap-pembalap papan atas lainnya, kecepatan kami sama saja dengan tahun ini," kata Rossi, dilansir Crash.

Rossi hanya menempati posisi ke-17 di tes hari pertama MotoGP karena sempat mengalami masalah teknis ketika menggunakan ban baru.

Rekan setimnya, Maverick Vinales, membukukan hasil lebih baik dengan menempati posisi keempat.

Adapun pembalap Petronas Yamaha SRT, Franco Morbidelli juga mendulang hasil lebih baik dibanding Rossi, yaitu menghuni posisi keenam.

"Saya merasakan suara yang aneh, suara yang buruk, dan saya berhenti. Saya tak tahu apa yang terjadi," kata Rossi.

roblem terbesar Yamaha di mata Rossi masih soal kecepatan. Menurut dia, saat menggunakan ban belakang Michelin untuk motor M1, hasilnya tak seefisien rival-rival mereka.

"Masalah bagi saya adalah dengan ban baru, motor sangat bagus. Maverick Vinales sangat cepat.

Begitu juga Franco (Morbidelli), yang tak punya pengalamanan (dengan motor Yamaha), selalu bagus. Tapi, jika Anda periksa lebih dalam, setelah empat atau lima lap, untuk beberapa alasan, kami lebih kesulitan," urai Rossi.

Rossi menyebut, Yamaha harus melihat dengan jelas bahwa mesin 2019 tak cukup. "Bagi saya, jika kami balapan besok, kami akan berada di posisi kelima, keenam, ketujuh. Mungkin di posisi keempat jika ada satu kecelakaan di depan. Kami tak bertarung untuk kemenangan," kata Rossi.

Posisi pertama pada hari pertama tes MotoGP Jerez ditempati pembalap anyar Ducati, Danilo Petrucci. Pembalap Ducati lainnya, Andrea Dovizioso, menempati posisi kedua.

 

 

Sumber : jpnn