Pasar Beringin Akan Dirombak Jadi Pasar Modern

Selasa, 04 Desember 2018 - 20:24:00


Ilustrasi
Ilustrasi /

Radarjambi.co.id - SUNGAIPENUH - Pasar beringin dan minum kawo square (MKS) di Kota Sungaipenuh akan dirombak menjdi pasar modern.

Pemkot sungaipenu melalui bidang pengelolaan psar dinas perindustrian dan perdagangan telah mengajukan proposal ke pemerintah pusat utuk membanty pendanan.

Kepala bidang pengelolaan pasar dinas perindustrian dan perdagangan kota Sungaipenuh, Dedi Iryanto mengatakan, walikota Sungaipenuh Asyafri Jaya Bakri sudah menyetujui program bidang pengelolan pasar untuk merombak pasar beringin dan MKS menjadi modern. Pihaknya pun sudah menyiapkan desainya yang dibuat oleh konsultan.

"Untuk langkah awal pihaknya sudah mengajukan prolosal kepada Kementrian perdagangan dan Kementrian PJ untuk pembangunan pasar modern ini," sebutnya.

Lanjutnya, berdasarkan desain pembangunannya, pasar beringin nantinya akan dibongkr dan dibangun basement.

Dilantai 1 akan dibangun lokasi berjualan, di lantai 2 akan ada tempatkhusus yang menjual kuline khas kota Sungaipenuh dan di lantai 3 jika ada pihak etiga yang berminat, bisa dibagun hotel.

"Selain itu, pasar modern nantinya akan dipasang eskalator dan jika ada pihak ketiga yang mebangun hotel di lantai 3 maka akan dilengkapi dengan lift, " tukasnya.

Ditambahkannya, untuk pembangunan pasar modern tidak cukup mengandalka anggaran dari APBD murni kota Sungaipenuh, sehingga diperlukan bantuan dari pemerintah pusat.

"Untuk pembangunannya diperkirakan memerlukan biaya leih dari 100 miliyar rupiah. Jika dapat direalisasikan, maka pasar modern akan menjadi ikon kota Sungaipenuh, " pungkasnya

 

 

Reporter : Soni

Editor     : Ansori