Guru Diminta Tingkatkan Penguasaan K13

Rabu, 05 Desember 2018 - 20:28:51


Ilustrasi
Ilustrasi /

Radarjambi.co.id - KOTA JAMBI - Dalam upaya meningkatkan pemahaman bahan ajar guru, sebanyak 15 guru Sekolah Menengah Atas (SMA) Dharma Bakti (DB) 4 Kota Jambi, mengikuti pendampingan Kurikulum 2013 yang dilaksanakan di sekolah beberapa waktu lalu.

Kepala SMA DB 4, Syarief Husen mengatakan, kegiatan pendampingan diselenggarakan Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Provinsi Jambi yang diikuti 60 guru yang berasal dari 4 sekolah swasta di Kota Jambi.

"Untuk kegiatan ini, masing- masing sekolah mengutus 15 gurunya," ujar Syarief Hasan.

Dirinya mengharapkan setelah mengikuti pelatihan, para guru dapat mengimplementasikan kepada siswa di kelas, saat melakukan pembelajaran.

Guru tidak lagi kaku atau materi yang disampaikan terasa membosankan. "Makanya, kita minta agar guru lebih kreatif lagi," paparnya.

Selain itu, melalui kegiatan ini, SDM guru juga menjadi berkembang dan lebih baik, mencari sumber informasi dan pengetahuan, serta mengembangkan pemahaman di kelas.

"Guru juga harus banyak bertanya, sering membaca, dan selalu melihat informasi yang berkembang," katanya.

Syarief menyebutkan, di SMA DB 4, sudah mulai menerapkan K13 sajak awal tahun ajaran baru 2018/2019 beberapa waktu lalu. Sejauh ini, penerapan kurikulum terbaru ini baru untuk siswa Kelas X. "Untuk siswa kelas XI dan kelas XII masih menggunakan KTSP," ungkapnya.

Selama penerapan K13, pihaknya belum menemukan kendala yang dapat mengganggu proses kegiatan belajar mengajar. Sebab, sebelumnya, guru juga sudah diberikan sosialisasi atau pelatihan K13 oleh Dinas Pendidikan.

 

 

Reporter : Hilman

Editor     : Ansori