Debit Sungai Batanghari Mengalami Kenaikan

Senin, 10 Desember 2018 - 22:02:47


Debit Sungai Terus Mengalami Kenaikan
Debit Sungai Terus Mengalami Kenaikan /

Radarjambi.co.id - KOTA JAMBI - Dengan kondisi hujan yang terus menerus membuat debit air Sungai Batanghari terus mengalami kenaikan. Kondisi ini diprediksi terus mengalami kenaikan.
Sebab, selain curah hujan yang cukup tinggi, wilayah hulu dari Sungai Batanghari juga sudah mulai naik.

Disampaikan oleh Udin, penjaga pintu air Sungai Batanghari di kawasan Ancol Kota Jambi mengatakan bahwa debit sungai batanghari terus mengalami kenaikan. Kondisinya diatas normal.
Sebab, kondisi normal adalah di angka 9 meter. Bahkan untuk seminggu terakhir menurutnya terus mengalami kenaikan.

Hal yang sama juga diungkapkan oleh Ridwan, Kepala BPBD Damkar Kota Jambi bahwa saat ini debit sungai batanghari terus mengalami kenaikan. Selain karena memang curah hujan yang tinggi, Kota Jambi juga mendapatkan air kiriman dari hulu. Apalagi kondisi wilayah di hulu sudah banjir.

“Tentunya kita mendapatkan air kiriman ditambah lagi curah hujan di Kota Jambi yang tinggi,” jelasnya.

Ridwan menjelaskan, ada 6 kecamatan dan 24 Kelurahan di Kota Jambi yang saat ini rawan banjir.

Di antaranya adalah Kecamatan Pelayangan, Danau Teluk, Telanaipura, Jambi Timur, Pasar dan Danau Sipin.

“Teruama kawasan yang berada di pinggir Sungai Batanghari,” jelasnya.

Ridwan juga mengingatkan masyarakat agar waspda terhadap kondisi cuaca saat ini. Curah hujan yang tinggi tidak hanya terjadi di Kota Jambi saja namun juga beberapa daerah lainnya di Indonesia.

“Kita minta warga waspada. Apalagi saat hujan, tidak hanya banjir saja namun juga waspada terhadap angin puting beliung, pohon tumbang dan tanah longsor juga,” bebernya.

Untuk bantuan sendiri, Pemkot Jambi sudah mempersiapkan beberapa tenaga medis maupun petugas yang stand by di kawasan rawan banjir. Bahkan untuk dibeberapa titik seperti di perumahan Kembar Lestari sudah berdiri sebanyak 4 tenda dan stand by ambulans.

“Sarana dan prasarana sudah dipersiapkan. Koordinasi kita bagus, karena Sar, Tagana, Kodim, pusatnya di Kota Jambi. Titik banjir sudah kita antisipasi dengan baik,” ucapnya.

 

 

Reporter : Hilman

Editor     : Ansori