Banyak Truk Tak Miliki KIR

Selasa, 11 Desember 2018 - 19:53:51


Dishub Melakukan Razia Truk
Dishub Melakukan Razia Truk /

 

Radarjambi.co.id - KOTA JAMBI - Banyaknya truk bertonase besar yang masuk ke Kota Jambi membuat Dinas Perhubungan Kota Jambi terus melakukan tindakan tilang.

Disampaikan oleh Saleh Ridho, Kepala Dinas Perhubungan Kota Jambi belum lama ini mengatakan bahwa selama 2018 pihaknya telah melakukan penilangan terhadap truk sebanyak 1.109.

Ini merupakan data dari Januari hingga November 2018, berdasarkan hasil razia maupun karena adanya laporan warga yang masuk ke Dishub.

“Berdasarkan data, selama tahun ini kita telah melakukan tindakan tilang kepada sebanyak 1.109 truk yang masuk ke Kota Jambi,” jelasnya.

Kata Saleh, dari data tersebut ada banyak kesalahan yang telah dilakukan oleh para supir truk.

Mulai dari tonase yang memuat lebih dari peraturan yang ada, tidak memiliki KIR atau masa KIR sudah habis. Selain itu juga supir truk yang tidak memiliki surat menyurat yang lengkap dan beberapa kesalahan lainnya.

“Ada banyak jenis kesalahan yang telah dilakukan. Mulai dari tidak lengkap surat menyuratnya, masa uji KIR yang habis hingga truk yang bertonase besar yang masuk ke Kota Jambi,” bebernya.

Untuk truk yang masa uji KIR nya habis, Dishub memberikan kesempatan bagi supir untuk langsung melakukan uji KIR di Kota Jambi. Meskipun kendaraan tersebut berasal dari luar Kota Jambi.

Sebab, jika masa uji KIR sudah tidak berlaku, maka kendaraan tersebut bisa saja tidak layak jalan dan tentunya akan sangat membahayakan.

“Untuk yang uji KIR nya habis masa berlaku, bisa langsung uji KIR di tempat yang sudah disediakan. Sedangkan untuk yang ditilang, diproses sesuai dengan peraturan yang ada,” jelasnya.

Dikatakan Saleh bahwa pihaknya terus melakukan razia terhadap truk yang masuk ke Kota Jambi.

Sebab Pemerintah Kota Jambi sudah melarang bagi truk yang bertonase besar untuk masuk ke wilayah Kota Jambi. Raziapun dilakukan setiap saat. Bagitu juga jika ada laporan dari masyarakat jika ada truk yang masuk.

“Kita terus melakukan razia dan pantauan setiap saat. Ada petugas kita yang menjaga. Namun memang terkadang ada saja truk yang berhasil masuk pada jam jam tertentu. Namun kita tetap melakukan razia secara rutin,” pungkasnya.

 

 

Reporter : Hilman

Editor     : Ansori