Siswa Diajak Untuk Makan Menu Seimbang, SD Xaverius I Jadikan Program Unggulan

Selasa, 11 Desember 2018 - 20:24:06


SD Xaverius I
SD Xaverius I /

 

Radarjambi.co.id - KOTA JAMBI - Prilaku hidup sehat terus diterapkan oleh SD Xaverius I Kota Jambi, baik bagi murid, guru, maupun pegawai.

Bahkan, pihak sekolah menjadikan program unggulan edukasi dan menerapkan menu gizi seimbang setiap hari yang harus dijalani selama siswa di sekolah.

Upaya ini dilakukan untuk mengantisipasi siswa mengalami obesitas seperti dua tahun lalu, yang menyebabkan para guru menjadi gelisah terkait permasalahan tersebut.

"Kita kuatir kalau menu makan dan minum siswa tidak dipantau, akan menyebabkan kegemukan atau obesitas," ujar Kepala SD Xaverius I, Marcellina Murtiningsih Mumpuni.

Dijelaskannya, sajak 2017 lalu, sekolah menanamkan kepada siswa untuk menjaga pola dan menu makan, dengan kegiatan sarapan serta makan siang bersama di sekolah dan mengkoordinasikan dengan orangtua terkait bekal yang dibawa dari rumah.

"Jadi setiap hari anak membawa bekal menu seimbang," paparnya.

Menu gizi seimbang yang dimaksud, lanjut Tini adalah, makanan yang mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin, serta mineral. "Seperti nasi, sayur, lauk, buah, dan susu," jelasnya.

Untuk membudayakan hal tersebut, setiap hari siswa selalu diingatkan membawa bekal. Jika ada siswa yang lupa membawa bekal, akan dibantu atau dikasih teman lainnya. "Biasanya hanya 1 atau 2 siswa yang lupa," imbuhnya.

Dengan program ini, siswa diajarkan mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang agar terhindar dari penyakit yang membahayakan.

"Selain itu, akan menumbuhkan jiwa peduli dan berbagi kepada teman yang lain," pungkasnya.

 

 

Reporter : Hilman

Editor     : Ansori