Provinsi Jambi 2019 Terima DIPA Rp 15,186 Triliun

Rabu, 12 Desember 2018 - 20:44:52


DIPA diterima langsung Plt  Gubernur Fachrori Umar di Istana Negara  Jakarta
DIPA diterima langsung Plt Gubernur Fachrori Umar di Istana Negara Jakarta /

Radarjambi.co.id - KOTA JAMBI - Kepala Badan Keuangan Daerah (Bakeuda) Provinsi Jambi, Agus Pirngadi mengatakan total Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) 2019 untuk provinsi dan kabupaten/kota di Jambi sebesar Rp 15,186 triliun lebih.

"Untuk Pemprov Jambi yang kita terima sebesar Rp3.029.423.768.000, sedangkan jumlah keseluruhan Provinsi dan kabupaten/kota totalnya Rp15.186.807.015.000," katanya, kemarin

DIPA Provinsi Jambi untuk dana transfer Dana Alokasi Umum (DAU), Dana Alokasi Khusus (DAK) dan Dana Bagi Hasil (DBH) itu diterima langsung Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Jambi, di Istana Negara, Jakarta, kemarin lalu.

Agus menjelaskan, dari transfer pemerintah pusat itu, peruntukan-peruntukannya sudah sesuai dengan ketentuan.

Seperti DAU terkait dengan belanja pegawai dan belanja modal, serta belanja barang jasa. Sedangkan DAK sudah spesifik peruntukannya.

"DAK fisik itu kita gunakan untuk belanja yang sifatnya pendukung belanja modal, dana DAK non fisik untuk supporting biaya operasional di bidang pendidikan, kesehatan dan yang lainnya," kata Agus.

Sedangkan dana bagi hasil itu terdiri dari dana bagi hasil pajak dan non pajak. Peruntukannya pertama untuk dana bagi hasil pajak rokok 37,5 persen yang dialokasikan untuk Jaminan Kesehatan Masyarakat yang diintegrasikan dengan BPJS.

Selain itu digunakan untuk mensupport kegiatan-kegiatan, baik kegiatan belanja modal, belanja barang jasa, maupun belanja pegawai tahun 2019.

 

 

Reporter : E. Haryanto

Editor     : Ansori