Penampilan Putri Jeruji Teteskan Air Mata

Rabu, 19 Desember 2018 - 20:34:45


Penari Warga Binaan Lapas Muarabulian
Penari Warga Binaan Lapas Muarabulian /

Radarjambi.co.id - MUARABULIAN - Peringatan Hari Ibu ke 90 Tingkat Kabupaten Batanghari Tahun 2018 menyajikan tari kreasi Indang Bungo Jeumpa.

Peserta tari berjumlah 7 orang rupanya warga binaan Lapas Perempuan Klas IIB Jambi dengan julukan "Putri Jeruji".

Kepala Kesatuan Pengamanan Lapas Perempuan (Ka.KPLP) Kelas IIB Jambi, Yuli Wirdina, SH, mengatakan penampilan tari "Putri Jeruji" permintaan Hj. Yuninta Asmara, Istri Bupati Batanghari H. Syahirsah SY.

"Ini permintaan ibu (Istri Bupati). Mereka hanya membutuhkan waktu 5 hari untuk latihan," kata Yuli Rabu (19/12).

Usai penampilan tari kreasi, kata Yuli, suasana mendadak haru. Tamu undangan serta Istri Bupati Batanghari meneteskan air mata dalam wawancara dadakan.

Bupati Batanghari H. Syahirsah SY melontarkan pernyataan kepada "Putri Jeruji". Apa yang harus dilakukan buat ibu-ibu yang hadir disini untuk anak-anak?

"Dengan kompak mereka menjawab kasih sayang dan perhatian," tutur Yuli.

Jawaban napi perempuan ini sontak merubah bola mata ibu-ibu pejabat berkaca-kaca. Apalagi kemudian "Putri Jeruji" bercerita pengalaman mereka selama menjalani hukuman di Lapas Perempuan Kelas IIB Jambi.

"Kreatifitas tanpa batas walau tempat terbatas itu pepatah mereka di balik jeruji," sebutnya.

Semua peserta tari kreasi merupakan Narapidana (Napi) kasus Narkoba. Bupati Batanghari kemudian memberikan nasehat kepada "Putri Jeruji". Nasihat ini disampaikan Ketua Pengadilan Negeri Muara Bulian, Derman P Nababan.

"Yakinlah pembinaan di dalam Lapas sudah sesuai dengan aturan yang telah di tetapkan Pemerintah. Dan kami Hakim cuma bisa memutuskan kalau kalian bersalah," kata Nababan.

Ia berharap kepada "Putri Jeruji" bisa berbenah diri selama menjalani hukuman atas apa yang diperbuat saat berada di luar.

"Jalani hukuman dengan sebaik-baiknya," sebutnya.

Istri Bupati Batanghari Hj. Yuninta Asmara memuji penampilan tari kreasi "Putri Jeruji". Meskipun berada dalam Lapas, mereka masih bisa memberikan penampilan tari kreasi dengan baik.

"Kalian memang hebat walau terkurung di dalam," sebut Yuninta Asmara.

Peringatan Hari Ibu ke 90 berlangsung di Pendopo Rumah Dinas Bupati Batanghari sekitar pukul 9.30 WIB.

Tema Hari Ibu Tahun 2018 yakni, Bersama meningkatkan peran perempuan dan laki-laki dalam membangun ketahanan keluarga untuk kesejahteraan bangsa.

Selain dihadiri Bupati Batanghari, peringatan Hari Ibu ke 90 turut dihadiri Ketua PN Muara Bulian, Kapolsek Muara Bulian, Istri Sekda Batanghari dan Kepala OPD Batanghari serta undangan lain.

 

 

Reporter : Didi

Editor     : Ansori