Sektor Pariwisata Bisa Tambah PAD

Rabu, 02 Januari 2019 - 20:41:48 | dibaca: 49 kali


Danau Sipin Salah Satu Tempat Wisata di Kota Jambi
Danau Sipin Salah Satu Tempat Wisata di Kota Jambi /

Radarjambi.co.id - KOTA JAMBI - Walaupun kepedulian masyarakat terhadap pajak mulai meningkat, anggota DPRD Kota Jambi Sutiono, yang juga merupakan Wakil Ketua Komisi II DPRD Kota Jambi, mengatakan bahwa Pemkot Jambi harus mampu melihat potensi PAD sektor lain.

Dirinya mencontohkan sektor pariwisata yang harus semakin dikembangkan sehingga berpotensi untuk mendatangkan PAD yang lebih besar lagi.

“Saya lihat pemerintah belum menggarap sektor pariwisata dengan optimal. Kalau sektor pariwisata ini digarap dengan baik, maka multiplier efeknya akan sangat signifikan, sebab akan berdampak pada seluruh sektor mulai dari perhotelan restoran dan lain sebagainya," ujarnya.

Sutiono mengatakan dirinya berharap Pemkot Jambi dapat melakukan promosi pariwisata secara gencar. Selain itu juga mulai menghidupkan pelaku UMKM mulai dari kuliner, kerajinan dan lain sebagainya.

"Kita minta apa yang menjadi ciri khas Kota Jambi ini agar dapat dipatenkan. Sehingga bisa menambah PAD untuk Kota Jambi sendiri,” ujarnya.

Sebelumnya, Subhi, Kepala Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah (BPPRD) Kota Jambi mengatakan, peningkatan PAD dari tahun sebelumnya dilihat dari pencapaian yang sudah didapat selalu meningkat.

“Artinya ada tingkat kenaikan kesadaran wajib pajak dalam menunaikan kewajibannya untuk membayar pajak," katanya. Seperti diketahui di Kota Jambi ada beberapa tempat wisata yang sering di kunjungi warga baik warga Kota Jambi maupun luar kota Jambi.

Salah satunya Taman Rimba yang mana setiap liburan kebun Binatang satu-satunya di Jambi ini selalu ramai di kunjungi warga.

Danau Sipin juga merupakan salah satu wisata yang bisa diandalkan menghasilkan PAD.

Untuk wisata kuliner kawasan Murni dan tugu juang juga merupakan salah satu tujuan wisata kuliner di Kota Jambi.

 

 

Reporter : Hilman

Editor     : Ansori