Kepsek SD Banyak tak Defenitif

Kamis, 10 Januari 2019 - 20:43:11 | dibaca: 43 kali


Ilustrasi
Ilustrasi /

Radarjambi.co.id - MUARABULIAN - Ternyata, Kepala Sekolah (Kepsek) Sekolah Dasar (SD) di wilayah Kabupaten Batanghari masih banyak belum defenitif.

Hal ini diakui Kepala BKPSDM Kabupaten Batanghari, Rifa’i.

Dikatakanya, Kepsek yang dijabat oleh Plt ini sudah berjalan lebih dari tiga tahun. Ini disebabkan karena Pemkab Batanghari belum melakukan pengangkatan Kepsek yang definitif.

"Beberapa faktor Kepsek yang masih belum depenitif ini dikarenakan ada kepala sekolah yang sudah pensiun, pindah dan sebagainya," terang Rifa'i ketika ditemui wartawan diruang kerjanya.

Seperti diketahui, untuk Kepsek SD yang diisi Plt berjumlah 22 orang. Mareka tersebar di beberapa wilayah Kabupaten Batanghari. Dan untuk menjadi definitif tharus melalui makanisme dan aturan Kementerian Pendidikan RI.

“Berdasarkan Permen Dikbud Nomor 61 Tahun 2018 Tentang Guru menjadi Kepala Sekolah. Di situ sudah jelas kepala sekolah itu menjadi jabatan managerial, bukan lagi mejadi tugas tambahan. Maka untuk mengangkatnya harus ada tim pertimbangan dari unsur teknis nanti,” ungkapnya.

Kemudian, lanjut Rifa’i, setelah diusul dari tim pertimbangan selanjutnya diberikan kepada tim Beperjakat.

“Saya selaku sekretaris tim Beperjakat selalu berkoordinasi dengan tim pertimbangan membahas persoalan ini dan nanti terakhir dari tim Baperjakat baru masuk kepada pejabat pembinaan kepegawaian,” paparnya lagi.

Dalam waktu dekat, kekosongan kepala sekolah depenitif ini akan diisi sesuai aturan yang berlaku. “Perkiraan kita akhir Januari 2019 atau bisa juga awal Februari 2019 ini,” sebutnya.

Untuk pengisian jabatan kepala sekolah definitif bukan sengaja ditunda-tunda, hanya saja saat ini Pemkab harus mematuhi aturan yang lebih tinggi. “Aturannya sudah berubah,” tegasnya.

 

 

Reporter : Didi

Editor     : Ansori