Maju Sebagai Caleg, Ketua RT ada Belum Lapor Cuti atau Mengdurkan Diri

Kamis, 10 Januari 2019 - 21:02:48 | dibaca: 94 kali


Ilustrasi
Ilustrasi /

 

Radarjambi.co.id - JAMBI - Menjelang pemilu yang tinggal beberapa bulan lagi, ternyata sebagaian RT yang maju sebagai calon legislatif ( caleg) yang ada di Kota Jambi belum ada yang mengundurkan diri.

Hal tersebut tentu tidak sesuai dengan permendagri nomor 18 tahun 2018, dimana RT adalah bagian dari LKD (lembaga kemasyarakatan desa) dan RT tidak boleh berfaliasi dengan politik.

Seperti yang di ucapkan Ketua Bawaslu Kota Jambi Ibnu Arafah beberapa waktu lalu.

Ibnu mengatakan, bahwa Bawaslu Kota Jambi telah memberikan rekomendasi kepada Walikota Jambi terkait status Ketua RT yang maju sebagai Caleg pada pemilu 2019.

"Kami sudah kirimkan rekomendasi tersebut kepada Walikota," ucapnya.

Seperti halnya di kecamatan Danau Teluk, Raden Jufri sebagai Camat Danau Teluk mengatakan dirinya belum menerima laporan dari RT yang berada di wilayahnya untuk mengambil cuti atau yang mengundurkan diri karena SK RT tersebut dari kelurahan.

"Memang hingga saat ini belum ada laporan tersebut. memang RT yang nyaleg harus cuti atau mundur," ucapnya.

Ia juga berharap adanya surat yang diberikan oleh Bawaslu agar menjadi dasar hukum bagi untuk memberikan cuti atau memberhentikan RT yang maju sebagai caleg.

“Jika memang harus Cuti, kami harapanya ada surat dari Bawaslu kepada kami. Surat itu nanti yang jadi penguat dan dasar kami untuk memberhentikan sementara RT yang Nyaleg jika memang ada di Kecamatan saya,” ujarnya.

Sementara itu ,Walikota Jambi, Sy Fasha saat dikonfirimasi akan hal tersebut mengatakan, bahwa dirinya memang sudah meminta Ketua RT yang Nyaleg harus cuti dari Ketua RT.

Fasha juga mengatakan sudah ada beberapa Ketua RT yang cuti, namun untuk berapa pastinya dirinya memang tidak memantau.

“Sudah, sudah kita sampaikan dan sudah ada sebagian RT yang cuti.Tapi untuk jumlahnya kita tidak pantau, karena ketua RT ini domainya Kelurahan,” terangnya.

 

 

Reporter : C. Rangkuti

Editor     : Ansori