Pemkot Gotong Royong Bersihkan Eks Pasar Talang Banjar Lama

Minggu, 13 Januari 2019 - 20:48:11


Walikota Jambi Saat Turun Langsung dalam Kegiatan Pembersihan Lokasi Eks Pasar Talang Banjar
Walikota Jambi Saat Turun Langsung dalam Kegiatan Pembersihan Lokasi Eks Pasar Talang Banjar /

Radarjambi.co.id - KOTA JAMBI, JS-Walikota Jambi Syarif Fasha pimpin kegiatan gotong royong penertiban dan pembersihan kawasan eks Pasar Talang Banjar, dengan menurunkan para OPD terkait, camat, Satpol PP bersama warga guna menjadikan kawasan ibu kota Provinsi Jambi jauh dari kesan kumuh dan tak terawat, Sabtu (12/1).

Selain itu juga untuk pembersihan eks areal Pasar Baru berbagai peralatanpun diturunkan seperti ekskavator, dan armada pemadam kebakaran pun diturunkan untuk membersihkan area sepanjang Jalan Orang Kayo Pingai tersebut.

Fasha mengatakan bahwa pasca relokasi Pasar Talang Banjar ke lokasi baru pada (27/12) lalu, banyak sampah dan limbah sisa para pedagang yang tidak dibersihkan berserakan di jalan dan drainase kawasan itu.

"Semua kita sapu bersih , meja meja , kursi kayu kayu serta bangunan bangunan bekas lapak para pedagang yang ada di bahu bahu jalan kita bersihkan sebab hal tersebut memancing para pedagang untuk berjualan lagi kalau malam," ujarnya.

Fasha juga menghimbau kepada masyarakat Kota Jambi untuk tidak terpancing membeli dagangan yang berada dipinggir jalan, dengan tidak belanja dipinggir jalan masyarakat secara tidak langsung membantu pemerintah untuk membuat kawasan ini menjadi tertib dan bersih.

"Kepada masyarakat kota Jambi untuk tidak terpancing berbelanja dipinggir-pinggir jalan, masuklah kepasar-pasar yang telah kami siapkan dengan berbelanja di pasar yang telah kami siapkan berarti ikut menertibkan kota Jambi juga,"ujarnya.

Fasha juga menghimbau kepada para pedagang untuk tidak berjualan di pinggir jalan lagi sebab Telah disiapkan sarana pendukung untuk berjualan yaitu lapak cadangan bagi pedagang yang tidak kebagian tempat, namun tidak ditepi jalan raya.

"Bagi pedagang yang belum masuk ke dalam kami juga himbau untuk masuk ke dalam karena kami juga sudah menyiapkan tempat-tempat cadangan untuk pedagang-pedagang yang di luar, bagi yang belum dapat juga kami mohon maaf karena memang pasar talang banjar ini pasar tradisional ini kami prioritaskan dulu untuk warga kota Jambi yang berdomisili di Kota Jambi , ini juga akan kami tegakkan posko sudah hampir satu bulan ini dan apapbila masih juga maka posko itu akan kami perpanjang kembali," tegasnya.

Kegiatan gotong royong tersebut juga menguntungkan bagi pedagang makanan keliling seperti, es cendol, siomay, sate dan bakso. Zunai pedagang siomay keliling mengatakan dagangannya laku keras tidak sampai satu jam siomaynya sudah habis.

"Wai bang abis dagangan aku, diborong sama Pak Fasha," ujarnya.

Zunai mengaku awalnya hanya iseng meminta Walikota untuk membeli daganganya, namun ditanggapi serius oleh Fasha.

"Pak belilah dagangan kami, terus Pak Fasha bilang naiklah kau tu ke atas dekat Hotel Angso Duo, kami kesitulah bang Alhamdulilah Rp. 500 ribu sudah di kantong, sering-sering be bang buat acara kayak gini,"ungkap Zunai.

 

 

Reporter : Musriah

Editor     : Ansori