RTH Taman Anggrek Masih Butuh Pembenahan

Minggu, 13 Januari 2019 - 21:02:21


Taman Anggrek Depan Kantor Gubernur Jambi
Taman Anggrek Depan Kantor Gubernur Jambi /

Radarjambi.co.id - KOTA JAMBI - Sekda Provinsi Jambi M Dianto menyebutkan, Ruang Terbuka Hijau (RTH) Taman Anggrek Telanaipura Jambi masih memerlukan banyak perbaikan fasilitas, sarana dan prasrana. Saat ini yang sudah masuk tahap akhir pengerjaan proyek.

Dari peninjauan beberapa waktu lalu, beberapa infrastruktur dinilai harus kembali diperbaiki seperti pagar dan skywod.

Dikatakannnya ini untuk mencegah kejadian yang dapat membahayakan pengunjung RTH Taman Anggrek.

"Salah satunya tadi menurut ibu Satker ada pagar yang mengkhawatirkan untuk anak-anak kecil. Takut terpeleset atau jatuh. Itu akan diperbaiki. Lalu tadi dari peninjauan di skywod ada yang goyang," ujarnya.

Dianto mengatakan, kontraktor pelaksana proyek Taman Anggrek akan diberi waktu selama 10 hari untuk menyelesaikan persoalan tersebut.

"Nanti pelaksana akan melengkapi ngelasnya yang belum penuh, penyangga yang belum baik dan ada papannya tadi dipijak agak goyang. Nah inilah kita perbaikai selama 10 hari ke depan sebelum ini kita buka secara resmi," ungkapnya.

Dianto juga menjelaskan, dari hasil rapat yang telah dilakukan, sudah ada kesepakatan bahwa Satuan Kerja (Satker) Pekerjaan Umum (PU) yang sebelumnya membangun sebagian dari RTH ini, telah menyatakan bahwa selama enam bulan kedepan ada dana pemeliharaan untuk RTH ini.

Setelah pembenahan selesai, maka RTH Taman Anggrek akan dibuka oleh Plt Gubernur Jambi sekitar tanggal 21 atau 22 Januari 2019. Direncanakan, Pemprov Jambi akan mengundang Kementerian PU yang sudah memberikan anggarannya untuk pembangunan RTH.

"Jadi tanggal 20 atau 21 nanti kita akan membuka resmi, insyaallah dibuka oleh Plt Gubernur Jambi," ujarnya.

Selebihnya dirinya juga meminta, khususnya kepada Biro Umum untuk menempatkan personil untuk menjaga kebersihan di lingkungan RTH. Ia juga telah meminta kepada Dinas Satpol PP dan Damkar Provinsi Jambi untuk membantu di bidang keamanan.

Sementara untuk masalah listrik, juga sudah disiapkan anggaran dari Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan Provinsi Jambi. Diharapkan, masyarakat yang berkunjung ke Telanaipura juga bisa melihat spesies anggrek serta menikmati fasilitas seperti kantin, toilet dan WiFi gratis.

"Saya mengharapkan bagi masyarakat yang berkunjung ke Telanaipura, bisa melihat spesies Anggrek di Jambi yang sekarang ada di Taman Anggrek," tandasnya.

 

 

Reporter : E. Haryanto

Editor     : Ansori