Ombudsman Curigai Caleg PBB Lulus CPNS Mainmata dengan Panselda

Senin, 14 Januari 2019 - 09:15:36


Taufik Yasak Kepala Ombudsman Perwakilan Jambi.
Taufik Yasak Kepala Ombudsman Perwakilan Jambi. /

radarjambi.co.id, Tanjabbar - Polemik Calon Anggota Legislatif Kabupaten Tanjab Barat dari Partai Bulan Bintang Dapil 1 Nomor urut 3, Rahmayanti, S.KM yang lulus test Pengadaan CPNS terus menuai kecaman, Kepala Ombudsman RI perwakilan Jambi, Taufik Yasak juga dibuat geram, bahkan menyorot kinerja Panitia seleksi daerah (Panselda) CPNS Tanjabbar yang harus dicurigai.

"Panitia seleksi CPNS tidak bekerja detail dalam seleksi bahan sehingga kecolongan begini. bisa-bisa dicurigai panitia main mata dengan calon pelamar," ungkap Kepala Ombudsman Perwakilan Jambi, Taufik Yasak.

Selain itu, dia juga meminta pihak yang terkait harus tegas menyikapi yang bersangkutan karena semua sudah ada aturannya.

"KPU, BKD, dan partai harus tegas mengambil sikap, kan sudah ada aturannya. Karena orang seperti ini kalau jadi anggota Dewan pasti mementingkan diri sendiri, jangan jadikan ajang kesempatan cari untung-untungan atau ngadu nasib," tegas Taufik Yasak melalui pesan Whatsaap, Minggu (12/1).

Dia juga menjelaskan, didalam persyaratan umum pendaftaran pengadaan CPNS sudah jelas pada poin 5 tidak berpartai politik praktis dan menjadi anggota partai. Dan pada poin 6 di ketentuan lain-lain, bagi yang memberikan keterangan palsu dapat digugurkan atau diberhentikan.

"Nah, saat melamar atau mendaftar, yang bersangkutan ada pernyataan tidak menjadi anggota Partai politik. Kok bisa ditandatangani sementara yang bersangkutan tergabung di partai politik, dan setiap caleg wajib ada KTA Parpol. Sebenarnya ini fatal coba baca dan pahami aturan dan di UU ASN juga sudah diatur meskipun tidak terkhusus," jelas Keplaa Ombudsman.

Dengan tegas lagi, Taufik menduga keras yang bersangkutan telah menipu atau memalsukan data, sehingga tim pansel yang kurang detail juga kecolongan.

"Orang begini blum apa2 sudah nipu data, brlum lagi nanti soal duit, wah bisa parah. Kalo sudah ketahuan begini, partai harus segera bersikap tegas, kalo saya pribadi sudah saya pecat," trgas Kepala Ombudsman RI Perwakilan Jambi.

 

 

Reporter  : Kenata

 

Editor      : Ansory S