Bawaslu Muarojambi Panggil Oknum Dokter RSUD Ahmad Rifin

Senin, 14 Januari 2019 - 10:09:36


Anggota Bawaslu Muarojambi Yasril, Divisi Hukum dan Penindakan
Anggota Bawaslu Muarojambi Yasril, Divisi Hukum dan Penindakan /

radarjambi.co.id-MUAROJAMBI-Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Muarojambi hari ini menjadualkan pemanggilan salah satu oknum dokter PNS di rumah sakit Umum Daerah Mat Rifin, Kabupaten Muarojambi.

Hal ini dikatakan Anggota Bawaslu Muarojambi Yasril, Divisi Hukum dan Penindakan. Yasril menerangkan, pemanggilan oknum dokter tersebut terkait dengan postinggannya di media sosial (Medsos Adrian) yang mengkampanyekan serta mengajak memilih salah satu pasangan calon presiden dan wakil presiden.

''Kita hanya meminta keterangan saja, terkait pelanggaran pemilu yang dilakukan (Oknum dokter red).

Kita menduga ada keberpihakan salah satu calon dengan memposting dukungannya di Medsos,'' ternag Yasril.

Lebih lanjut Yasril menerangkan jika temuan ini berdasarkan laporan masyarakat dan ditindak lanjut.

''Temuan ini hasil pengawasan Bawaslu. Dan telah di registrasi dan hari ini di lakukan proses penanganan pelanggaran. Diawali dengan klasifikasi terhadap yang bersangkutan serta beberapa orang yang dibutuhkan keterangannya.
Tujuan Bawaslu tentu agar pihak-pihak yang dilarang untuk berkampanye dan berpolitik praktis bisa menjaga dan menahan diri untuk tidak melakukan tindakan yang dilarang. Sebab mereka harus berposisi netral karena statusnya sebagai PNS,'' terang Yasril.

Yasril menambahkan, untuk sementara ini apa yang dilakukan oknum dokter Rumah Sakit Ahmad Rifin Muarojambi ini memang termasuk pelanggaran peraturan perundang-undangan lainnya yakni UU dan peraturan tentang ASN.

''Jadi terkait sanksi pihak berwenang yang akan memberikan, sebab kalau jenis pelanggaran terhadap peraturan perundang-undangan lainnya ini, Banwaslu sifatnya merekomendasi kepada instansi berwenang dalam hal ini adalah KASN. Jadi KASN lah nanti yg memberi sanksi,'' terang Yasril.

''Beda hal kalau jenis pelanggaran pidana, administrasi atau kode etik. Jadi pada intinya semua tergantung hasil klarifikasi dan kajian. Untuk sekarang belum bisa kita pastikan,'' timpal Yasril.

Berdasarkan pantauan diakun medsos Adrian hari ini sekitar pukul 10. 00. WIB, sebagian besar memuat artikel serta pemberitaan salah satu calon Presiden RI. Dan akun tersebut terakhir memposting tanggapannya terhadap suatu berita. ''Klo makro dan mikro ekonomi kuat...maka otomatis rupiah akn trusmguat...insyaallah" tertanggal 7 Januari pukul 17.05 WIB.


Reporter : Ansory S