Cocokan Data Pemilih, KPU dan Bawaslu Kota Jambi Kunjungi Lapas

Selasa, 15 Januari 2019 - 20:51:12


Ilustrasi
Ilustrasi /

Radarjambi.co.id - JAMBI - KPU Kota Jambi bersama Bawaslu dan Dukcapil Kota Jambi melakukan koordinasi bersama pihak lapas kelas II Kota Jambi dalam rangka mendata, sekaligus memastikan warga binaan yang ada di lapas tersebut dapat menyalurkan hak pilihnya pada pemilu 2019 nanti.

Karena pendataan tersebut tidak lah mudah karena status penghuni rutan tersebut tidaklah tetap.

Menurut Yatno ketua KPU kota jambi bahwa pihaknya bersama Bawaslu telah menjadwalkan bersama untuk mengunjungi lapas guna untuk mendata dan memastikan bahwa para penghuni lapas bisa ikut menggunakan hak suaranya.

"Hari ini kita data dan nanti kita akan kita cek dan dicocokan apakah sesuai dengan data di Dukcapil. Karena pelacakan ini kita lakukan karena tidak bisa lagi menggunakan uji biometrik seperti pilwako yang lalu," ucapnya.

Sementara itu menurut Ari Juniarman Ketua Bawaslu Kota Jambi, tujuannya koordinasi ini agar mendapatkan solusi dalam pendataan tersebut apalagi adanya surat edaran dari kemendagri untuk perekaman E- KTP secara serentak.

"Ya kita berharap agar tidak ada masalah dalam proses pendataan dan sesuai dengan peraturan supaya tidak ada masalah dalam hak pilih,'' pungkasnya.

Ari juga berharap agar KPU lebih teliti dan fokus lagi terkait hak pilih di lapas ini karena persoalan data yang selalu berubah karena penghuni lapas selalu ada yang masuk dan ada juga yang keluar.

"Kita berharap KPU fokus dengan masalah ini, sehingga data data pemilih mendapat gambaran yang jelas,'' terangnya.

 

 

Reporter : C. Rangkuti

Editor     : Ansori