Prabowo Dua Hari Latihan, Jokowi akan Jawab Semua Pertanyaan, Persiapan Capres Debat Pertama

Rabu, 16 Januari 2019 - 21:22:39


Ilustrasi
Ilustrasi /

Radarjambi.co.id - JAKARTA - Satu hari menjelang debat perdana Pilpres 2019, para capres-cawapres mempersiapkan diri. Tentu saja Jokowi-KH Ma'ruf Amin maupun Prabowo Subianto-Sandiaga Uno akan mempersiapkan yang terbaik.

"Saya berharap masing-masing paslon memperhatikan betul apa yang ditentukan dalam undang-undang. Misalnya dilarang mempersoalkan Pancasila, UUD, SARA, dan seterusnya. Jadi mohon kepada paslon untuk memperhatikan itu," kata Ketua KPU Arief Budiman di kantornya, Jl Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Rabu (16/1/2019).

Masing-masing pasangan calon punya cara sendiri untuk persiapan debat. Prabowo-Sandiaga melakukan simulasi debat di Hambalang tadi siang, kemudian kini giliran Jokowi-Ma'ruf yang berlatih debat di Jakarta Theater.

Apa saja yang mereka persiapkan?

Jokowi yang Penting Pegang Data, Jawab Kalau Ditanya Bagi capres nomor urut 01 Joko Widodo, yang terpenting dalam debat adalah sesuai data dan fakta. Dia juga menyesuaikan dengan tema yang telah ditentukan.

"Ya tentu saja kalau ngomong mestinya dengan data, ngomong dengan fakta-fakta. Yang paling penting rencana kami seperti apa," kata Jokowi saat ditemui setelah menghadiri peluncuran wirausaha ASN di SICC Sentul, Bogor, Jawa Barat, Rabu (16/1/2019).

Jokowi tak bercerita banyak tentang persiapannya. Dia hanya memastikan akan menjawab pertanyaan.

"Ya kami datang saja. Kalau ada tanya, ya dijawab," kata dia.

Jokowi memastikan akan menjawab pertanyaan seputar HAM hingga kasus Novel Baswedan.

Ma'ruf Amin akan Pakai Sarung

Cawapres Ma'ruf Amin mengaku tidak memiliki persiapan khusus menjelang debat capres-cawapres.

Ma'ruf mengaku sudah sering berdebat dalam berbagai forum Nahdlatul Ulama (NU), namun materinya saja yang beda dengan debat capres-cawapres.

"Tentu kalau persiapan ya kita menyiapkan dirilah, tetapi tak selalu segala-segalanya. Seperti biasalah, saya kan biasa kalau berdebat, di NU biasa itu, hanya materinya yang berbeda. Jadi saya membaca, kira-kira apa yang akan didebatkan itu," kata Ma'ruf di kediamannya, Jalan Situbondo, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (16/1/2019).

Dia juga ditanya soal persiapan kostum debat perdana. Dia lalu memastikan akan mengenakan kain sarung.

"Kalau bawahannya pasti kain sarung, nah motifnya apa, rahasia itu," kata Ma'ruf.

Jokowi dan Ma'ruf kini akan berlatih debat di Jakarta Theater didampingi oleh Tim Kampanye Nasional (TKN). Jokowi tiba pada pukul 19.07 WIB.

Prabowo 2 Hari Berlatih di Hambalang

Capres nomor urut 02 Prabowo Subianto melakukan latihan debat di kediamannya di Hambalang, Bogor, Jawa Barat. Bahkan dirinya berlatih selama dua hari ini.

"Persiapannya beliau (Prabowo) bersama Tim 8 dan Direktur Media dan Konten lagi mempersiapkan diri dua hari ini, dari kemarin di Hambalang," ujar juru bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, Andre Rosiade, kepada wartawan, Rabu (16/1/2019).

Andre lantas memerinci apa saja yang dilakukan Prabowo selama mempersiapkan diri untuk debat capres 2019. Salah satunya adalah menyiapkan jawaban ketika ditanya soal isu HAM.

"Mempersiapkan semuanya untuk perdebatan besok, mulai data materi-materi, itu yang disiapkan. Materi-materinya hukum, HAM, korupsi, dan terorisme. Sekarang dipersiapkan. Kita mempersiapkan diri dua hari ini bagaimana Pak Prabowo menawarkan soal pemberantasan korupsi," sebut Andre.

Sandiaga Pastikan Tak akan Serang Personal, Cawapres Sandiaga Uno mengungkapkan ada yang mengusulkan kepada Prabowo dan dirinya untuk menyerang personal ketika debat besok. Namun usulan itu dimentahkan.

"Pak Prabowo ingin semuanya dilakukan dengan penuh rasa saling menghormati dan santunan dalam budaya kita," ujar Sandiaga saat ditanya soal persiapan debat perdana di kawasan Bulungan, Jakarta Selatan.

Sandiaga mengaku menghormati Joko Widodo (Jokowi) sebagai presiden dan Ma'ruf Amin selaku ulama. Dia mengaku hanya akan menyinggung persoalan yang ada di masyarakat.

"Kami tidak akan mengorek-ngorek, itu bukan style, gaya, Prabowo-Sandi. (Kami) hanya (menyinggung) kasus-kasus yang ada di masyarakat saja, yang ditanyakan, yang menjadi pertanyaan besar. Kita akan sangat hormati Presiden dan akan memuliakan Pak Kiai," kata Sandiaga.

 

 

Sumber : detik.com