Pemkot Gelar Haul Akbar Al Habib Husein Bin Ahmad Baragbah & Al Habib Idrus Bin Hasan Al-Jufri

Kamis, 17 Januari 2019 - 20:49:54


Abu Bakar
Abu Bakar /

Radarjambi.co.id - KOTA JAMBI - Pemerintah kota Jambi akan menggelar kegiatan Haul Akbar Al Habib Husein Bin Ahmad Baragbah & Al Habib Idrus Bin Hasan Al-Jufri pada tanggal 19-20 Januari 2019.

Abu Bakar Kabag Humas Kota Jambi menyampaikan bahwa Haul Akbar merupakan Agenda rutin tahunan Pemerintah Kota Jambi yang tidak hanya diikuti oleh masyarakat Kota Jambi saja tetapi juga diikuti oleh masyarakat dari luar Kota Jambi bahkan dari Negeri Jiran Malaysia juga akan hadir.

“Hari Sabtu dan Minggu akan menyelenggarakan kegiatan Haul Akbar ulamak dan tokoh Jambi. Ini sudah kesekian kalinya kita laksanakan setiap tahun, Insya Allah nanti akan hadir dari provinsi terdekat Palembang Sumatera Selatan, Riau , Medan, Aceh termasuk dari Pulau Jawa itu mulai dari Jakarta, Jawa Barat, Jawa tengah, Jawa timur sampai ke Sulawesi dan Kalimantan juga ada yang sudah menyatakan akan hadir itu dari Negeri Jiran dari Malaysia dan Singapura,” terangnya.

Abu Bakar juga mengatakan bahwa kosentrasi massa akan sangat besar pada peringatan haul Al Habib Husein Bin Ahmad Baragbah karena keturunan beliau ini tersebar hampir di seluruh penjuru dunia, juga akan ada kunjungan beberapa tamu dari Luar Provinsi Jambi.

“Di perkirakan kalau tahun lalu saja ada sekitar 4 ribu masa, maka estimasi kita pada tahun ini bisa sampai 5 ribu peziarah yang akan berkunjung dalam haul itu, “ujarnya.

Adapun rangkaian kegiatan ini akan di mulai pada Pukul : 07:00 WIB s/d selesa, di masjid Ihsaniyah Olak Kemang Sebrang Kota Jambi. Tokoh atau ulamak yang di Haulkan itu pertama adalah haul akbar Al-Habib Idrus Bin Hasan Al-Jufri (Pangeran Wiro Kusumo), di Masjid Ihsaniyah, Kelurahan Olak Kemang Kecamatan Danau Teluk.

Pada peringatan haul itu juga akan dilakukan ziarah bersama ke makam haul akbar Al-Habib Idrus Bin Hasan Al-Jufri (Pangeran Wiro Kusumo), yang juga berdekatan dengan makam tersebut.

Kedua Haul Akbar Al Habib Husein Bin Ahmad Baragbah(sohibul wilayah tuanku keramat tambak) yang akan digelar di pemakaman keramat tambak dan di Masjid Ba'alawy Arab Melayu Sebrang Kota Jambi.

Bersamaan dengan kegiatan Haul ini juga dirangkai dengan kegiatan festival islami yang diantaranya adalah lomba adzan tingkat anak-anak, lomba kaligarafi, lomba hadrah untuk menyemarakkan agar peringatan haul ini menjadi lebih meriah lagi

''InsyaAllah mudah-mudahan tahun depan dalam peringatan haul ini juga akan kita selenggarakan semacam bazar islami atau bazar syar'i,'' ujarnya.

Abu Bakar berharap dengan adanya kegiatan ini tidak hanya bernilai syiar atau ibadah juga berdampak ekonomi masyarakat sekitar.

“Kita harapkan kegiatan ini tidak hanya bernilai syiar atau ibadah juga berdampak ekonomi artinya kegiatan ini dapat menimbulkan kepada sektor-sektor lain. Sehingga dapat menggerakan ekonomi masyarakat di Jambi Kota Seberang dan ini juga merupakan sejalan dengan program pemerintah Kota Jambi untuk mengembangkan wilayah Jambi Kota seberang sebagai pusat wisata religi,”harapnya.

Dikatakan Abu Bakar bahwa Walikota Syarif Fasha dan Wakil Walikota Maulana akan ahdir dalam kegiatan tersebut.

Ketua panitia haul Habib Helmi bin muhammad baragbah mengatakan bahwa acara Haul tersebut sudah dilaksanakan selama 15 tahun terakhir ini, massa yang datang dari waktu ke waktu terus bertambah.

“Acara ini sudah berjalan berkisar 15 tahun, kalu kita kaitkan dengan meninggalnya beliau sudah 264 tahun jadi baru dilaksanakan hanya 15 tahun,”terangnya.

“Alhamdulilah pengunjung atau peziarah yang mengikuti acara haul ini makin bertambah, awalnya yang datang hanya seputaran provinsi jambi dan berkembang ke luar,'' terangnya

 

 

Reporter : Musriah

Editor     : Ansori