Masjid Al Umaro Simbol Gerakan Salat Berjamaah, Empat Kecamatan Sudah Dibangun Masjid Raya

Minggu, 20 Januari 2019 - 19:40:28


Ilustrasi
Ilustrasi /

 

Radarjambi.co.id - SAROLANGUN - Masjid Al Umaro atau masjid para pemimpin yang ada di Kawasan Komplek Kantor Bupati Sarolangun, merupakan simbol dari program sholat berjamaah yang saat ini terus digalakkan oleh Pemerintah Kabupaten Sarolangun.

Hal itu dikatakan Bupati Sarolangun Cek Endra usai meresmikan masjid tersebut minggu yang lalu. Kata Bupati, masjid yang dibangun tersebut dinilai sangat presentatif dalam menampung para jamaah untuk menunaikan salat.

"Ya, hari ini kita baru saja memfungsikan masjid yang dibangun pada tahun anggaran 2018, diberi nama mesjid Al Umaro para pemimpin ini. Ini merupakan simbol dari program sholat lima waktu di Kabupaten Sarolangun ini," kata Bupati dua priode ini.

Kata Cek Endra, masjid Al Umaro ini juga dinilai cukup presentatif untuk menampung jamaah dengan jumlah lebih banyak. Sebab, sebelumnya ketika melaksanakan sholat berjamaah, yang dulu masih dinamakan musholla, tidak bisa menampung jamaah dengan jumlah lebih banyak, sehingga banyak para jamaah sampai melaksanakan sholat di halaman mesjid tersebut.

Kata Bupati juga, mesjid seperti yang dibangun di Kantor Bupati itu juga telah dibangun di empat kecamatan, yakni di Kecamatan Cermin Nan Gedang, Kecamatan Pauh, Kecamatan Singkut dan Kecamatan Air Hitam.

"Sama modelnya seperti mesjid ini, merupakan simbol di kecamatan dalam meningkatkan syiar agama di seluruh wilayah di kabupaten sarolangun," katanya.

Namun, hal yang terpenting kata Cek Endra adalah bukan bangunan mesjid yang megah, namun bagaimana para jamaah bisa bertambah untuk melaksanakan sholat berjamaah, sebab yang terjadi saat ini masjid di Sarolangun sangat megah namun isinya sedikit.

"Tentu tidak selesai bangunan masjid yang megah, yang sangat penting bagaimana mengajak umat ini untuk kembali ke masjid, karena ini kewajiban kita dan tentunya untuk membentengi generasi muda jauh dari narkoba, karena narkoba dimana-mana," katanya.

Selain itu, Cek Endra juga menginstruksikan seluruh Lurah dan Kepala Desa untuk mendukung program ini dan mengajakan seluruh masyarakat untuk kembali ke masjid, sehingga meningkatkan syiar islam di Kabupaten Sarolangun akan terwujud menuju Sarolangun yang lebih maju dan sejahtera.

 

 

Reporter : C. Rangkuti

Editor     : Ansori