Fachrori: ASN Dituntut Memiliki Kompetensi dan Moral Yang Baik

Kamis, 07 Februari 2019 - 21:26:40


Plt Gubernur Jambi Fachrori Umar memasang kartu tanda peserta diklat kepada salah satu peserta Diklat Pim III Angkatan XI
Plt Gubernur Jambi Fachrori Umar memasang kartu tanda peserta diklat kepada salah satu peserta Diklat Pim III Angkatan XI /

Radarjambi.co.id - KOTA JAMBI - Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Jambi Fachrori Umar menegaskan seorang Aparatur Sipil Negara (ASN) dituntut untuk memiliki kompetensi yang tinggi dan moral yang baik dalam upaya meningkatkan kinerja serta peningkatkan pelayanan publik.

Hal tersebut dikatakannya saat membuka rapat koordinasi Pengembangan Sumber Daya Manusia Aparatur dan Diklat Kepemimpinan Tingkat III Angkatan XI Provinsi Jambi Tahun 2019 di Aula Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSD) Provinsi Jambi, Kamis (7/2).

Menurut Fachrori, program dan kegiatan rakor itu adalah untuk membangun ASN yang memiliki integritas, profesional, mampu menyelenggarakan pelayanan publik serta berperan sebagai perekat persatuan dan kesatuan bangsa.

"Pengembangan sumber daya manusia aparatur melalui pengembangan kompetensi, mensinergikan pelaksaaan dan koordinasi yang terus-menerus guna mewujudkan pembinaan dan pengawasan yang baik penting dilakukan," kata Fachrori.

Dijelaskannya, besarnya harapan masyarakat terhadap kualitas pelayanan publik memerlukan langkah strategis, diantaranya mendorong penciptaan kreativitas dan pembaharuan atau modifikasi jenis pelayanan publik yang memberi manfaat.

"Sebab itu ASN perlu mengembangkan kompetensi melalui Diklat Pim dan peserta dituntut menunjukkan kinerja dalam merancang suatu perubahan pada unit kerjanya sehingga melahirkan output yang signifikan," ujarnya.

Selain itu, penanaman nilai moral, dedikasi dan loyalitas terhadap tugas organisasi serta menjaga reputasi diri dan instansi juga sangat penting.

Sementara itu, Kepala BPSDM Provinsi Jambi, Iskandar Nasution, mengatakan tujuan Rakor dan Diklat Pim III angkatan XI adalah untuk meningkatkan kompetensi pejabat administrator, sinergitas dan koordinasi pengembangan sumber daya manusia serta menguatkan pemahaman tugas dan fungsi dinas dalam pengembangan sumber daya manusia aparatur pemerintah se-Provinsi Jambi agar tidak tumpang tindih kebijakan antara provinsi dengan kabupaten/kota.

Iskandar menambahkan, pelaksaan Diklat Pim III yang digelar 7 Feb hingga 17 Juni 2019 itu diikuti peserta yang telah mendapatkan persetujuan Sekda selaku ketua Baperjakat.

 

 

Reporter : E. Haryanto

Editor     : Ansori