KPUD Batanghari Terus Jaring Pemilih Pemula

Minggu, 10 Februari 2019 - 21:13:53 | dibaca: 39 kali


KPUD Batanghari Saat Mengadakan Sosialisasi Kepada Pemilih Pemula di SMA Negeri 1 Batanghari
KPUD Batanghari Saat Mengadakan Sosialisasi Kepada Pemilih Pemula di SMA Negeri 1 Batanghari /

Radarjambi.co.id - MUARABULIAN - Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Batanghari, terus melakukan berbagai cara untuk mendongkrak angka partisipasi pemilih, terutama bagi pemilih pemula pada pemilu 2019.

Berbagai cara yang dilakukan diantaranya, dengan mendatangi langsung sekolah-sekolah yang ada di Kabupaten Batanghari. Seperti sebelumnya, mendatangi SMAN 1 Batanghari, Sabtu (9/2).

Tidak hanya disekolah-sekolah saja, untuk mendokrak target pemilih pemula, komunitas motor yang diisi kalangan muda juga berikan pemahaman akan pentignya menggunakan hak pilih. Seperti yang sudah, komunitas motor Satria FU Batanghari.

Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Parmas dan SDM KPUD Batanghari, Harapan Nami mengatakan, sosialisasi dilakukan untuk tetap menjaga agar angka partisipasi pemilih pada Pemilu 2014 dapat bertahan, bahkan mengalami peningkatan pada Pemilu 2019 ini.

"Dalam sosialisasi di SMAN 1 Batanghari disampaikan bahwa ada beberapa perbedaan pada Pemilu 2019 ini. Perbedaan ini seperti surat suara yang didapatkan pemilih juga mengalami penambahan," katanya.

Ia sendiri menjelaskan, pada Pemilu 2014 lalu, pemilih hanya melakukan pencoblosan surat suara untuk DPR, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota. Namun pada Pemilu 2019 juga mendapatkan surat suara yang akan dicoblos untuk Presiden dan Wakil Presiden.

Ketua KPU Batanghari A. Kadir mengatakan, dalam sosialisasi pemilih pemula di SMAN 1 Batanghari diberikan pemahaman tentang demokrasi. Tujuannya agar pemilih pemula sadar akan pentingnya peran pemilih dalam menentukan nasib bangsa dimasa mendatang.

"Kita punya harapan besar kepada pemilih pemula yang memang mengedepankan idealisme. Supaya bisa menjadi pionir pemilih rasional yang cerdas sehingga mampu menghasilkan pemimpin yang berkualitas untuk kemajuan bangsa. Nantinya diharapkan mereka juga bisa menularkan prinsip tersebut kepada masyarakat," ujarnya.

Sementara untuk sosialisasi komunitas motor dilakukan ditempat terbuka yang dilangsungkan di Simpang Empat Muarabulian. Pihak KPUD Batanghari, menyampaikan arti pentingnya demokrasi, pemilu serta partisipasi pemilih kepada para peserta dari kalangan milineal ini.

"Saya telah menjelaskan tata cara pemberian surat suara, pengenalan terhadap peserta Pemilu 2019 serta tata cara pemilih yang akan pindah memilih," ungkap k Kadir.

Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Parmas dan SDM, Harapan Nami mengucapkan terima kasih atas kepedulian yang begitu tinggi dari komunitas motor ini terhadap kesuksesan pesta demokrasi nanti.

"Kita berharap dengan sosialisasi ini akan memberikan pemahaman kepada anggota komunitas motor yang hadir, terkait pentingnya berbagai hal terkait Pemilu termasuk terdaftar sebagai pemilih," ujarnya.

KPU Batanghari berharap informasi yang mereka terima bisa disebarluaskan kembali kepada rekan-rekan komunitas yang lainnya.

 

 

Reporter : Didi

Editor     : Ansori