25 SMP Tanjabtimur siap Laksanakan UNBK

Selasa, 12 Februari 2019 - 20:45:58


Ilustrasi
Ilustrasi /

Radarjambi.co.id - MUARA SABAK - Sebanyak 25 Sekolah tingkat menengah pertama (SMP) di Kabupaten Tanjung Jabung Timur, tahun ini siap lakukan ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

Ujian UNBK tingkat SMP yang akan dilaksanakan pada April mendatang, beberapa sekolah tengah mempersiapkan diri.

Berdasarkan data Dinas Pendidikan Tanjab Timur terdapat 25 sekolah yang siap melaksanakan UNBK tahun ini.

"Total keseluruhan SMP yang ada di Tanjung Jabung Timur ada 45 sekolahan, dimana 25 diantaranya siap melakukan UNBK," ujar Sekretaris Pendidikan Tanjab Timur Mamiati, melalui Kabid SMP Joko Purnomo Rabu (6/2)

Dikatakannya pula, dari 25 sekolah yang menyelenggarakan UNBK tahun ini tersebut ada juga yang menumpang dibeberapa sekolah SMK dan SMA. Tercatat ada Empat sekolah yang numpang diantaranya SMP 1 menumpang di SMA 2, SMP 14 di SMA 7, SMP 17 di SMK 1, dan SMP 24 numpang di SMK 5. Ada juga yang bergabung SMP satu atap ada Tiga sekolahan.

"Dari total 45 sekolahan dari 25 yang sudah UNBK tadi, sisanya masih menggunakan ujian sistem pena dan kertas UNPK," ujarnya

Dari 25 sekolah tersebut tahun ini ada juga beberapa sekolah yang sudah siap 100 persen dari sarana fasilitas ada juga yang masih menggunakan bantuan komputer siswa.

"Untuk pelaksanaan UNBK di Tanjab Timur setiap tahunnya mengalami peningkatan, pada tahun awal 2017 kita sudah ada satu sekolah yang melaksanakan UNBK, 2018 Enam sekolah dan sekarang meningkat jadi 25 sekolah," jelasnya

Jelang ujian bulan april mendatang, saat ini pihaknya tengah melakukan beberapa rangkaian simulasi, untuk simulasi dijadwalkan dari pusat dan gladi terakhir pada bulan maret mendatang.

"Untuk jumlah pasti peserta ujian UNBK nanti masih menunggu daftar nominasi tetap (DNT). Sejauh ini sudah terdata sebanyak 2.454 siswa namun belum nominasi tetap, kemungkinan minggu pertama bulan maret sudah ada ketetapan," jelasnya.

Rincian daro 2.454 siswa tersebut, siswa laki laki sebanyak 1180 peserta dan perempuan 1274.

Dimana sekolah siap menjalankan UNBK sebanyak 25 sekolah sementara 20 diantaranya masih menggunakan sistem UNKP.

 

 

Reporter : Gunawan

Editor     : Ansori