Banjir dan Longsor Masih Ancam Sarolangun, Yen Aswadi:Warga Harus Tetap Waspada dan Segera Lapor

Minggu, 17 Februari 2019 - 19:52:26


Ilustrasi
Ilustrasi /

 

Radarjambi.co.id - SAROLANGUN - Sejumlah daerah di Kabupaten Sarolangun saat ini rawan dilanda musibah bencana longsor dan banjir. Seperti yang terjadi baru-baru ini didaerah Kecamatan Batang Asai yang setiap musim penghujan sering dilanda longsor yang menimbun badan jalan.

Selain itu, musibah banjir juga mengancam disejumlah tempat seperti di wilayah Limun hingga hilir sungai Batang Asai.

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Sarolangun, Yen Aswadi kepada harian ini kemarin membenarkan kalau saat sudah ada terjadi bencana longsor dan banjir. Kendati tidak begitu parah, namun ia berharap warga harus tetap waspada.

“Longsor dan banjir sudah ada terjadi di wilayah Kabupaten Sarolangun akibat tingginya intensitas hujan beberapa hari kebelakang,”kata Yen Aswadi.

Dijelaskanya, banjir terjadi dan sudah diterima laporan oleh pihak BPBD yakni di Desa Pulau Pandan dan Muara Limun Kecamatan Limun. Pihaknya juga sudah turun ke lokasi. Banjir yang mengenangi dua desa ini tidak berlangsung dan seperti yang sering terjadi tahun-tahun sebelumnya.

“Banjirnya tidak lama, malamnya naik hingga ke rumah warga kemudian keesokan harinya sudah turun semua,”kata Yen Aswadi.

Di Kecamatan Batang Asai, kata Yen Aswadi terjadi bencana lonsgor yang menimbun jalan. Hal ini terjadi di tiga titik lokasi.

“Kalau longsor di Batang Asai dan ini juga sudah kita koordinasikan dengan dinas terkait seperti dinas PU Provinsi Jambi untuk menanggulangi longsor,”kata Yen lagi.

Mengingat, saat ini masih terjadi musim hujan, ia juga menghimbau agar masyarakat waspada dikala hujan deras melanda. Khusunya bagi masyarakat yang berada dipelataran sungai dan rumah masyarakat yang dekat dengan perbukitan seperti di Batang Asai.

“Yang namanya musibah tidak dapat kita terka,"pungkas Yen Aswadi.

 

 

Reporter : C. Rangkuti

Editor     : Ansori