Puluhan Peserta ikuti Binlat Gratis Calon Angota Polri

Senin, 18 Februari 2019 - 20:42:10


Bimbingan Pelatihan Peserta Calon Anggota Polri
Bimbingan Pelatihan Peserta Calon Anggota Polri /

Radarjambi.co.id - KUALA TUNGKAL - Pemerintah Kabupaten Tanjab Barat, melalui Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) berkerja sama dengan Kepolisian Resort Tanjab Barat kembali merekrut puluhan calon peserta bimbingan dan latihan (Binlat) calon anggota Polri tahun 2019.

Kepala Dinas Disparpora Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Otto Riady melalui Kepala Seksi Kepemudaan, Suwarno mengatakan Kabupaten Tanjab Barat satu-satunya daerah yang mengadakan program tersebut di Provinsi Jambi.

Dijelaskannya, tujuan bimbingan pelatihan calon anggota Polri ini adalah melatih semangat, mental, dan memberi pendidikan dasar atau pra test bagi anak-anak Tanjab Barat yang memiliki keinginan menjadi polisi sehingga memperlancar urusan saat peserta mengikuti test yang sesungguhnya.

"Pelatihan ini memang sama dengan yang di ikuti oleh peserta Calon Anggota Polisi saat mengikuti tes. Pihak kepolisian melatih semua keperluan peserta baik kesehatan, fisik, maupun pengetahuan menjawab pertanyaan-pertanyaan soal sebagaimana test anggota polri," jalasnya kepada wartawan, Senin (18/2).

Dikatakannya, program ini sudah berjalan selama dua tahun dari tahun 2018 lalu, setiap tahunnya Disparpora membutuhkan waktu lima hari untuk merekrut ke semua sekolah yang dilakukan lansung oleh pihak kepolisian dengan sasaran pembinaan yaitu para pelajar kelas tiga SMA/MA sederajat.

"Selain pelajar SMA, Kita juga merekrut anak-anak yang sudah tamat dengan ketentuan umur sesuai syarat tes kepolisian. Kegiatan ini gratis dan tidak dipungut biaya. Semua bertujuan untuk memberikan bekal pengetahuan kepada para siswa agar nantinya lebih siap untuk mengikuti seleksi yang sesungguhnya," ungkapnya.

Selain membuka peluang bagi putra-putri daerah yang ingin menjadi polisi, disebutkan Suwarno, juga menambah wawasan dan pengetahun peserta sehingga bisa dijelaskan kepada peminat lainnya tata cara tes polisi.

“Oleh karena itu dengan adanya program pembinaan dan latihan yang kita siapkan nantinya dapat memberikan efek baik di kalangan pelajar dan masyarakat, dan materi yang kita berikan itu disusun dari pihak kepolisian,” ujarnya.

Bimbingan pelatihan calon anggota polri di Tanjabbar saat ini sedang berlangsung selama 15 hari yakni dari 11 Februari hingga 28 Februari 2019 yang diikuti oleh 50 peserta.

"Setelah dilakukan sosialisasi ke sekolah untuk merekrut, ada sebanyak 50 peserta yang memenuhi syarat standar dari kepolisian seperti fisik tinggi badan untuk laki-laki minimal 165 cm dan wanita 160 cm," sebutnya.

Diharapkan nantinya dengan adanya pelatihan ini, dapat melahirkan polisi yang berintegritas tinggi.

Walaupun program ini bukan jaminan keseluruhan peserta bisa lulus menjadi polisi tapi pembekalan dasar agar peserta siap baik secara fisik maupun secara mental pengetahuan untuk mengikuti tes anggota Polri.

 

 

Reporter : Kenata

Editor     : Ansori