KPU Tambah Satu TPS Khusus SAD

Selasa, 19 Februari 2019 - 20:04:06


Ilustrasi
Ilustrasi /

Radarjambi.co.id - SAROLANGUN - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sarolangun menyiapkan Tempat Pemungutan Suara (TPS) khusus bagi warga Suku Anak Dalam (SAD) yang berlokasi di Desa Lubuk Jering Kecamatan Air Hitam, tepatnya di Kampung Madani Suku Anak Dalam.

‘’Ya, kita ada penambahan TPS khusus bagi warga SAD di Lubuk Jering Kecamatan Air Hitam,’’ kata Sekretaris KPU Kabupaten Sarolangun M Arif Suryandi Lingga MH, saat ditemui di Kantor KPU Sarolangun, kemarin (19/2).

Di kawasan tersebut, katanya ada sekitar 83 warga SAD yang mempunyai hak pilih. Sedangkan petugas untuk TPS merupakan warga sekitar digabung dengan warga SAD yang ada di tempat itu.

‘’Kita akan siapkan logistik untuk TPS khusus tersebut. Total secara keseluruhan di Kabupaten Sarolangun ada 875 TPS ditambah TPS khusus SAD,’’ sebutnya.

Dikatakan pria yang akrab disapa Andi Lingga ini, anggaran setiap TPS sekitar 21 juta. Dana tersebut sudah mencakup secara keselurahan operasional penyelenggara, seperti sewa tenda, konsumsi, termasuk honorarium petugas (panitia, red).

Sedangkan untuk logistik Pemilu sudah mulai diterima KPU Sarolangun, seperti kotak suara sudah diterima sebanyak 4.506 kotak.

‘’Kebutuhan kotak suara kita sesuai dengan jumlah TPS sebanyak 4.506 kita sudah terima sebanyak itu, namun setelah diperiksa ada yang rusak sebanyak 45 buah, kita saat ini menunggu kiriman pengganti,’’ katanya.

Sedangkan untuk surat suara yang diterima KPU baru sebagian yakni untuk Dapil Satu dan Dua. Sedangkan untuk Dapil Tiga dan Empat masih menunggu kiriman dari KPU RI.

‘’Kalau jumlah surat suara yang kita terima sesuai dengan jumlah DPT ditambah dua persen dari total DPT,’’ katanya.

Ketika ditanya kapan surat suara mulai dilakukan pelipatan? Dikatakan Andi Lingga waktu pelipatan surat suara masih menunggu hasil rapat komisioner.

‘’Komisioner dalam waktu dekat akan melakukan rapat untuk menentukan waktu dan teknis pelipatan surat suara,’’ jelasnya.

 

 

Reporter : C. Rangkuti

Editor     : Ansori