Ribuan HP Dibakar Sitaan dari Warga Binaan

Selasa, 19 Februari 2019 - 20:25:39


Pembakaran ribuan HP yang disita dari warga binaan
Pembakaran ribuan HP yang disita dari warga binaan /

 

Radarjambi.co.id - MUARASABAK - Setidaknya ada 1.192 Hanphone dengan berbagai merek dibakar, di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas III, Muarasabak, Selasa (19/2).
Dibakarnya ribuan Hanphone itu merupakan pemusnahan hasil barang sitaan dari 11 Lapas dan Rutan yang ada di Provinsi Jambi.

Pemusnahan dilakukan saat penandatanganan lintas instansi program Bersih Narkoba (Bersinar), disemua Lapas dan Rutan yang ada di Provinsi Jambi. Pemusnahan dipimpin oleh Kakanwil Kemenkumham Jambi, Bupati Tanjab Timur, Direktorat Narkoba Polda Jambi, Kanwil Kemenag Provinsi Jambi dan BNN Provinsi Jambi.

Kakanwil Kemenkumham Provinsi Jambi, Agus Nugroho Yusuf mengatakan, barang yang dimusnahkan denan cara dibakar itu merupakan hasil operasi selama bulan Juli 2018 sampai Februrai 2019. Sementara Barang sitaan yang paling banyak disita bersumber dari Lapas Kelas II A Jambi mencapai 542 unit, sementara dari Lapas Klas III Muarasabak sebanyak 190 unit.

Selain Handphone petugas juga melakukan pemsunahan alat pendukung lain nya seperti Carger, Baterai dan Headset.

“Penggunaan Handphone bagi warga binaan sangat dilarang, tidak ada satu pun warga binaan yang boleh menggunakan alat telekomunikasi. Handphone yang ada didalam Lapas dikawatirkan disalah gunakan oleh warga binaan,”ungkapnya.

Secara berkelanjutan, pihaknya juga akan melakukan razia barang yang dilarang didalam Lapas dan Rutan. Begitu juga pintu masuk sangat diperketat.

”Secara berkala kita memang melakukan razia disemua Lapas dan Rutan,”lanjutnya.

Sementara itu, Kombes Pol.Eka Wahyudianta mengatakan, pihaknya mengapresiasi atas tindakan yang diambil Kemenkumham Provinsi Jambi memusnahkan ribuan Handphone hasil razia dari seluruh Lapas dan Rutan yang ada di Provinsi Jambi. Pemusnahan Handphone ini sangat mendukung Kepolisian, pemusnahan alat komunikasi ini akan meutus komunikasi keluar bagi warga binaan.

“Harapan kita tentu dengan adanya komitmen bersama ini, peredaran dan penyalahgunaan Narkoba dapat kita tekan,”katanya.

 

 

Reporter : Gunawan

Editor     : Ansori