Kapolres Sarolangun dan PJU Bersihkan Sampah di Ancol

Kamis, 21 Februari 2019 - 17:03:45


Kapolres Sarolangun, AKBP dadan Wira Laksana SIK memberikan bingkisan kepada petugas kebersihan, Kamis (21/2), pagi.
Kapolres Sarolangun, AKBP dadan Wira Laksana SIK memberikan bingkisan kepada petugas kebersihan, Kamis (21/2), pagi. /

Radarjambi.co.id-SAROLANGUN-Dalam rangka memperingati hari peduli sampah nasional 2019, Kapolres Sarolangun, AKBP Dadan Wira Laksana SIK bersama Pejabat Utama (PJU) Polres Sarolangun dan ibu Bhayangkari membersihkan sampah yang berserakan di Ancol Sarolangun.

Kegiatan tersebut dilaksanakan pada Kamis (21/2), pagi. Berdasarkan pantauan dilapangan, kegiatan diawali dengan upacara bendera, kemudian membersihkan sampah, lalu diangkut dan dibuang ke Tempat Pembuangan Sampah Akhir (TPS) di Kecamatan Pelawan.

Kapolres, AKBP Dadan Wira Laksana dalam sambutannya mengatakan, hari peduli sampah nasional pada tahun 2019 ini merupakan sebuah refleksi dalam kehidupan sebagai produsen dan konsumen dalam penerbitan dan pengelolaan sampah sehari-hari.

Menurutnya, peringatan hari peduli sampah nasional 2019 ini sekaligus sebagai upaya mengingat dan melihat atas apa yang telah diperbuat, agar semakin baik dan bijak dalam pengelolaan sampah atau limbah rumah tangga sebagai upaya melindungi bumi dari segala dampak buruk sampah dan pencemaran lingkungan.

“Jika mengacu pada amanat Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2008, bahwa pengelolaan sampah didefinisikan sebagai kegiatan yang sistematis, menyeluruh, dan berkesinambungan yang meliputi pengurangan dan penanganan sampah. Kegiatan pengurangan meliputi pembatasan timbulan sampah, pendauran ulang sampah, dan/atau pemanfaatan kembali sampah, sedangkan kegiatan penanganan meliputi pemilihan, pengumpulan, pengangkutan, pengolahan, pemrosesan akhir sampah.berdasarkan hasil survei situs forbes,”jelasnya

Dipaparkan Kapolres, Indonesia merupakan salah satu dari 5 negara di asia yang membuang sampah plastik ke laut terbanyak dibandingkan dengan gabungan negara-negara lain di seluruh dunia. Ini bukan sekedar masalah asia saja, tapi persoalan mengenai bahaya limbah plastik merupakan masalah dunia. Sementara itu, di Kota Jambi menurut data Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional (SIPSN) kementrian lingkungan hidup adalah sebesar 279.84 ton/hari.

“Dalam kebijakan dan strategi nasional pengelolaan sampah rumah tangga atau sampah sejenis sampah rumah tangga yang terintegrasi dari hulu ke hilir dengan  target pengurangan sampah sebesar 30% dan  penanganan sebesar 70% di tahun 2025 diharapkan agar kita dapat membudayakan gaya hidup 3R atau yang kita kenal dengan istilah reduce (mengurangi penggunaan bahan-bahan yang bisa merusak lingkungan), reuse (pemakaian kembali), recycle(mendaur ulang barang), hal ini dapat kita mulai dari diri kita sendiri,”terangnya.

Kapolres menghimbau, agar masyarakat membiasakan diri untuk mengurangi pemakaian plastik atau bahan-bahan lain yang sulit terurai. Sepanjang tahun 2018 langkah-langkah inovatif dan inisiatif berkembang sangat pesat dari masyarakat, hal ini cukup membanggakan atas kerja konkrit dalam upaya menuju indonesia bersih, sehat dan bernilai juga semakin berkualitas.

“Peringatan hari peduli sampah nasional (HPSN) 2019 ini bertemakan, kelola sampah untuk hidup besih, sehat dan bernilai. Maksudnya, membangun kesadaran bersama untuk pelembagaan hidup bersih dan sehat melalui pengelolaan sampah, mendorong budaya bersih dan produktif ditengah masyarakat dengan dinamika dan partisipasi masyarakat sebagai modal sosial meningkatkan peran aktif dan langkah-langkah pemerintah daerah serta masyarakat luas dalam pengelolaan sampah,”ucapnya.

Selain itu, diakuinya AKBP Dadan Wira Laksana, Polda Jambi dan jajaran serta seluruh elemen masyarakat telah melaksanakan berbagai kegiatan dalam rangka peringatan hari peduli sampah nasional 2019 antara lain, kegiatan sanitasi yang dilaksanakan oleh personel Polda Jambi bekerja sama dengan masyarakat membersihkan sampah-sampah ditempat fasilitas umum.

“Kegiatan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya pengelolaansampah yang benar untuk kesehatan dan kebersihan lingkungan. Seluruh rangkaian kegiatan yang telah dilaksanakan adalah suatu upaya untuk mewujudkan indonesia sehat bersih dan bernilai,”tandasnya. 

 

Penulis :Charles Rangkuti