Sekda : Diklat Kepemimpinan Tingkatkan Kompetensi ASN Memberikan Pelayanan Optimal

Selasa, 19 Februari 2019 - 21:01:03


Sekda Provinsi Jambi HM Dianto, Selasa (19/2) membuka acara Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan (diklatpim) Tingkat IV Angkatan XII di aula Badan Pengembangan Sumber Daya Munusia (BPSDM) Provinsi Jambi.
Sekda Provinsi Jambi HM Dianto, Selasa (19/2) membuka acara Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan (diklatpim) Tingkat IV Angkatan XII di aula Badan Pengembangan Sumber Daya Munusia (BPSDM) Provinsi Jambi. /

RADARJAMBI.CO.ID- Sekda Provinsi Jambi HM Dianto, Selasa (19/2/2019) membuka acara Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan (diklatpim) Tingkat IV Angkatan XII di aula Badan Pengembangan Sumber Daya Munusia (BPSDM) Provinsi Jambi. Kegiatan ini diikuti 30 orang dari beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan akan berlangsung hingga 6 Juni 2019 dengan 893 jam pelajaran.

Sekda menyampaikan, pelayanan instansi pemerintah kepada masyarakat melalui penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan kepemimpinan dengan menunjukkan kinerjanya dalam merancang suatu perubahan pada unit kerja untuk kemudian melahirkan output yang signifikan merupakan keberhasilan dalam memperoleh kompetensi yang ingin dibangun. 

Menurut Sekda, masih banyak keluhan masyarakat terhadap kurang optimalnya kualitas pelayanan publik yang diberikan oleh birokrasi. Dengan kata lain, masyarakat masih melihat adanya kesenjangan antara kinerja yang diharapkan dengan kinerja nyata yang dihasilkan.

"Fenomena kesenjangan ini menjadi salah satu bukti bahwa mayoritas sumber daya aparatur masih memiliki kompetensi yang belum optimal. Oleh karenanya, peningkatan kompetensi aparatur pemerintah merupakan fungsi utama dalam melakukan transformasi kinerja pelayanan," kata Dianto.

Lebih lanjut di katakan, dalam penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan kepemimpinan merupakan persyaratan kompetensi kepemimpinan seorang aparatur pemerintah.

"Selain sebagai ajang untuk meningkatkan potensi dalam meraih prestasi, baik dari sikap perilaku, potensi yang meliputi moral yang baik dedikasi dan loyalitas terhadap tugas, kemampuan menjaga reputasi diri serta jasmani dan rohani yang sehat," terangnya.

Untuk itu pihaknya berharap kepada peserta agar memiliki kesamaan pola pikir yang dinamis dan bernalar, memiliki wawasan pengetahuan yang komprehensif dan semangat pengabdian yang berorientasi pada pelayanan prima dan pengembangan partisipasi masyarakat sehingga menjadi pemimpin yang baik.

"Satu hal yang juga harus dimiliki seorang pemimpin adalah komitmen untuk bersedia mendengarkan masukan serta kritikan demi tercapainya tujuan yang diharapkan. Sebagai seorang pemimpin rakyat juga bersedia mengembangkan hati nurani serta berbudaya kerja yang tinggi," imbuhnya.

Dalam hal ini, ikut mensukseskan program dalam mendukung kegiatan pembangunan menuju Jambi TUNTAS 2021 yaitu Jambi yang tertib, unggul, nyaman, tangguh adil dan sejahtera.

Reporter : E. Haryanto

Editor     : Ansori