Api Kembali Hanguskan Dua Rumah Warga Kualatungkal

Kamis, 07 Maret 2019 - 13:10:40


Api yang menghanguskan rumah warga
Api yang menghanguskan rumah warga /

Radarjambi.co.id, Tanjabbar - Sijago merah kembali mengamuk di Kota Kuala Tungkal, Kabupaten Tanjab Barat. Kali ini dua unit rumah warga di Jalan Manunggal Satu, Kelurahan Tungkal II, Kecamatan Tungkal Ilir hangus terbakar, Kamis (7/3), sekitar pukul 8.45 wib pagi.

Dari data yang berhasil dihimpun dilapangan, api berasal dari rumah milik Darwis (62) dengan jumlah penghuni 13 jiwa, api menjalar ke rumah milik Holidi (48), yang dihuni oleh lima jiwa.

Dinas pemadam kebakaran, BPBD, Yayasan Budi Luhur serta masyarakat turut berbondong bondong memadamkan api tersebut.

Berdasarkan penuturan Ade, salah satu anggota keluarga mengatakan kejadian kebakaran tersebut berawal dari dalam kamar.

"Kejadiannya begitu cepat, api berasal dari kamar," katanya kepada, Kamis (7/3).

Jumlah anggota keluarga yang kehilangan tempat tinggal sebanyak 13 orang terdiri orang tua, menantu hingga cucu. Ade menjelaskan untuk korban jiwa tidak ada, semuanya selamat. Hanya sempat mengamankan sejumlah berkas.

Ade menjelaskan api bermula dari dalam kamar. Jika hal itu disebabkan obat nyamuk, obat nyamuk berada di luar kamar. Dugaan sementara penyebab kebakaran ini dari korsleting listrik.

"Katanya sih listrik, soalnya api timbul dari kamar. Kalau dari obat nyamuk, emang kita ada obat nyamuk tapi diluar kamar," ungkapnya.

Namun untuk dugaan penyebab kebakaran, Kalaksana BPBD Tanjab Barat, Kosasih mengatakan penyebab krbakaran yang menghanguskan satu unit rumah dan satu unit rusak berat ini masih dalam penyelidikan.

Kebakaran yang lebih kurang satu jam ini, dikatakannya melibatkan personil dari Dinas damkar, BPBD, Yayasan Budi Luhur, dibantu juga pihak kepolisian, Tni yang berjumlah 70 orang dan masyarakat sekitar.

Dengan memanfaatkan air kolam, api berhasil dipadamkan. Saat ini pihak kepolisian telah memasang garis polisi. "Kebakaran ini menyebabkan dua rumah terbakar, rusak total satu unit, rusak ringan satu unit," ujarnya.

Kronologis kejadiannya, sekira pukul 08.45 Wib saksi atasnama Ambok Lang, mendapat laporan dari salah seorang warganya mengenai peristiwa kebakaran yang terjadi, kemudian atas laporan tersebut saksi bersama warga lainnya berupaya untuk memadamkan api dengan cara manual sambil menunggu kedatangan Petugas Damkar. Sekira pukul 09.00 Wib, Petugas damkar dan yayasan budi luhur tiba di TKP dan Api dapat dipadamkan sekitar pukul 10.00 Wib.
Menurut keterangan para saksi bahwa Api membesar pada bagian tengah rumah saudara DARWIS dan menjalar hingga kerumah saudara HOLIDI.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, data peralatan dan personil yang diturunkan sekitar 100 orang dan lima unit mobil damkar diantaranya budiluhur 30 orang personil dan peralatan 1 unit firejeep, sementara Damkar menurunkan personil 70 orang serta 2 unit mobil tanky, 2 unit brainwaire, 1 unit firejeep serta 5 unit mesin portable.

Dibnatu oleh 15 anggota TNI Kodim 0419 Tanjab, 25 anggota polres Tanjabbar, dan 30 personil TRC BPBD serta masyarakat. Api dapat dipadamkan sekitar pukul 10.00 wib dilanjutkan dengan penyisiran dan pendinginan sampai pukul 10.30 wib.

Reporter. : Kenata

Editor.     :  Ansory