Polres Batanghari Terjunkan 272 Anggota Pengamanan TPS Pemilu 2019

Minggu, 10 Maret 2019 - 20:24:40


Ilustrasi
Ilustrasi /

 

Radarjambi.co.id - MUARABULIAN - Kepolisian Resor (Polres) Batanghari akan menerjunkan 272 personel dalam rangka pengamanan Tempat Pemungutan Suara (TPS) Pemilihan umum (Pemilu) 17 April 2019.

"Pengamanan tahapan kampanye yang dimulai sejak Januari sampai 13 April 2019 melibatkan 106 personel. Sementara dalam pengamanan dilokasi 915 TPS, kita alokasi personil PAM TPS 272 personel," kata Kabag Ops Polres Batanghari, Kompol Ahmad Bastari.

Diterangkanya, 272 personel terbagi dalam 202 personel Polres Batanghari, kemduian backup Polda Jambi 70 personel pengamanan TPS. Lalu ada 30 personel dari Polda untuk melaksanakan siaga kalau terjadi sesuatu hal.

"Penjagaan TPS menganut pola PAM, sebab antara satu TPS dengan TPS lain tidak sama. Karena ada pola Aman, Rawan I dan Rawan II. Kita melihat kondisi tingkat kerawanan dari setiap TPS," ujarnya.

Dalam penjagaan TPS, sambungnya Bastari, Polres Batanghari juga melibatkan Linmas yang berjumlah secara keseluruhan 1.830 orang. Mereka akan tersebar diseluruh TPS dalam wilayah Kabupaten Batanghari.

"Untuk perekrutan Linmas TPS berada di KPU. Pengamanan penyimpanan kotak suara di KPU Batanghari melibatkan lima personel setiap hari menjelang pergeseran dari KPU kepada PPS," ujarnya.

Seperti diketahui, Polres Batanghari telah menentukan wilayah yang dikategori rawan di Kabupaten Batanghari. Salah satunya berada di Kecamatan Maro Sebo Ulu yaitu Desa Batu Sawar. 

"Karena kondisi geografis, tidak ada sinyal hp, jarak tempuh jauh melewati sungai. Kemudian daerah Kecamatan Pemayung yang menyeberangi sungai," ujarnya.

 

 

Reporter : Didi

Editor     : Ansori