UMKM Diharapkan Menembus Ritel Modern Upaya Peningkatan Ekonomi Masyarakat

Kamis, 14 Maret 2019 - 20:26:02 | dibaca: 96 kali


Produk UMKM di Jambi
Produk UMKM di Jambi /

 

Radarjambi.co.id - KOTA JAMBI - Dalam upaya meningkatkan akses pasar Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kota Jambi, DPRD Kota meminta agar pemerintah fokus dan intens melakukan pembinaan dan pendampingan terhadap pelaku UMKM. Sehingga hal ini bisa mengurangi pengangguran.Hal ini disampaikan oleh Ketua Komisi II DPRD Kota Jambi, Umar Faruk.

Dirinya menginginkan agar pelaku UMKM di Kota Jambi ini dibina, agar dapat menembus ritel modern. Selain itu juga aksesnya tak hanya dalam kota, tapi bisa dipasarkan di luar kota, bahkan provinsi lain.

"Pembinaan harus intens, supaya ekonomi masyarakat bisa terangkat," katanya.

Menurutnya saat ini Pemerintah tidak lagi mengeluarkan izin untuk retail modern. Karena semakin meningkatnya jumlah retail maka akan semakin mematikan UMKM yang ada di Jambi.

Sementara Walikota Jambi Syarif Fasha mengatakan bahwa pemerintah terus melakukan pembinaan dan penguatan kelembagaan, danmanajemen bagi pelaku UMKM.

Hal ini agar dapat menjadi UMKM berkualitas dan mampu berdaya saing. Sehingga dapat menyerap tenaga kerja seperti terciptanya wirausaha baru. 

Selain itu, bantuan bagi wirausaha yang bekerja sama dengan lembaga lain juga dilakukan.

"Bentuknya modal usaha yang dapat membuka peluang berkembangnya UMKM, sehingga dapat mengurangi pengangguran (membuka peluang usaha)di Kota Jambi," kata Walikota.

 

 

Reporter : Hilman

Editor     : Ansori