Petani Ikan Diminta Berinovasi Salah Satunya Produksi Ikan Menjadi Makanan Olahan

Kamis, 14 Maret 2019 - 20:27:49 | dibaca: 81 kali


Petani Keramba Ikan di Danau Sipin
Petani Keramba Ikan di Danau Sipin /

 

Radarjambi.co.did - KOTA JAMBI - Dalam upaya memaksimalkan petani ikan uanh ada di Kota Jambi, saat ini Pemkot Jambi sudah mempersiapkan bantuan bibit ikan. Baik bantuan dari APBD Kota maupun ABPD Provinsi Jambi. Untuk APBD Kota tersedia Rp 1 miliar untuk bantuan bibit.

Ada empat jenis ikan yang akan diberikan bantuan bibit. Masing-masing jenis ikan tersedia sebanyak 10 ribu bibit.

Hal tersebut disampaikan oleh Damiri, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Jambi. Ada empat jenis ikan yang akan diberikan bantuan bibit. Di antaranya ikan nila, patin, gurame dan lele.

“Akan kita berikan kepada para petani ikan di Kota Jambi,” bebernya.

Menurutnya masih akan ada bantuan lainnya yang akan diberikan. Sehingga hal tersebut menjadi kesempatan bagi para petani untuk mengembangkan usaha mereka.

“Kalau dari APBD Kota itu ada Rp 1 miliar. Babntuan diberikan dalam bentuk bibit ikan. Bukan uang. Nanti dari Pemprov juga ada bantuan,” bebernya.

Dikatakan Damiri saat ini tercatat sebanyak 1.114 petani ikan di Kota Jambi. Kawasan yang paling banyak petani ikan di kota Jambi adalah di kawasan Danau Sipin.

“Karena Danau Sipin ini akan dibenahi maka pemerintah menawarkan kepada para petani ikan di sana untuk memelihara ikan dengan sistem terpal atau perikanan darat,” tambahnya.

Namun bagi mereka, sistem terpal atau perikanan darat tergolong masih baru. Sehingga sistem yang ditawarkan tersebut belum banyak yang merespon.

Namun pihaknya terus mendorong dengan berbagai sosialisasi agar para petani di sana dapat memelihara ikan dengan sistem terpal. 

“Memang belum familiar, karena selama ini mereka memelihara ikan dengan sistem tambak atau keramba,” katanya.

Pihaknya juga berharap agar para petani ikan bisa mengembangkan jenis usaha mereka. Tidak hanya menjual ikan, namun juga menjual produk yang terbuat dari ikan. Apalagi hasilnya bisa langsung dijual di beberapa kawasan wisata salah satunya di Kawasan Danau Sipin yang sedang dikembangkan. 

“Harapannya masyarakat semakin mampu berinovasi dengan berbagai produk olahan dari ikan. Sehingga bisa dikembangkan dengan baik,” harapnya.

 

 

Reporter : Hilman

Editor     : Ansori