Sekda Lepas Ribuan Ton Ekspor Komoditas Pertanian Jambi Tahun 2019

Kamis, 14 Maret 2019 - 20:40:30


Sekda Provinsi Jambi M Dianto
Sekda Provinsi Jambi M Dianto /

Radarjambi.co.id - KOTA JAMBI - Pemerintah Provinsi Jambi bersama Balai Karantina Pertanian Kelas I Jambi, melepas ribuan ton lima komoditas pertanian untuk diekspor ke luar negeri, melalui Pelabuhan Talang Duku, Kamis (14/3/2019).

Kelima komoditas pertanian yang diekspor tersebut yaitu cangkang sawit sebanyak 8.500 ton nama perusahaan Era Sakti Wira Fores Tama dengan nilai ekonomi Rp 6,6 Milyar negara tujuan Thailand, komoditi pinang nama perusahaan PT.Sumber Rezeki Pangan 81 ton negara tujuan Thailand nilai ekspor Rp 1.411.578.000, Komoditi Kelapa Bulat nama perusahaan PT.Indo Lanka Usaha Mandiri sebanyak 27500 ton negara tujuan ke Pakistan Nilai ekspor Rp 89.250.000 juta, komoditi Sapu Lidi nama perusahaan CV.Nienda Karya sebanyak 108.00 ton ke India nilai Rp 863.654.400 juta, Kayu Olahan nama perusahaan PT Bunian Kencana 117,6432 M3 ke Taiwan, nilai ekspor Rp 453.575.640.

Total nilai ekspor Rp.9.418.058.040. Kegiatan pelepasan ekspor komoditi pertanian secara simbolis dilakukan oleh Sekda Provinsi Jambi M Dianto, didampingi Kepala Balai Karantina Pertanian Kelas I Jambi Abidin, Kepala Pusat Karantina Hewan Hayati Hewani, Badan Karantina Pusat, Agus Sunanto, serta General Manager Pelindo II Jambi Kartiko Yuwono.

Dalam sesi wawancara Sekda Provinsi Jambi M Dianto, menyebutkan, walaupun kegiatan ekspor beberapa komoditi pertanian di atas telah dilakukan sejak bertahun-tahun lalu, namun saran dari kementrian kegiatan ekspor ini harus dilakukan secara terbuka disampaikan kepada daerah.

Sehingga daerah-daerah bisa meihat peluang-peluang ekspor yang bisa dikawal dan digiring oleh kementrian pertanian.

"Sudah saya sampaikan bahwa, peluang untuk kita memenuhi pasar ekspor itu masih terbuka luas. Tinggal kita mengupayakan dengan beberapa OPD terkait dan kelompok petani dan kelompok masyarakat, agar kita di daerah tahu spek dan standar mutu yang dibutuhkan negara-negara tujuan ekspor," ujar M Dianto.

Diakui Dianto, pemerintah Provinsi Jambi sebenarnya telah berupaya mencari peluang pasar ekspor untuk beberapa komoditi pertanian provinsi Jambi. Namun sejauh ini masih terkendala dengan transportasi cukup jauh.

"Saat ini beberapa Kabupaten tengah memasuki panen raya diantaranya cabe dan kentang, dan kita berharap hasilnya dapat diekspor ke Malaysia atau Singapura yang memang membutuhkan hasil pangan kita, namun yang menjadi kekhawatiran kita, beberapa komoditi kita, sampai ke negara tujuan kondisinya tidak segar lagi karena durasi jam nya yang lebih 24 Jam, saya berharap agar terbukanya penerbangan langsung dari Provinsi Jambi menuju negara tujuan Ekspor seperti Malaysia dan Singapura, sehingga dapat membawa komoditi hasil pertanian ke dua negara tujuan ekspor itu" sebut Dianto.

Ditambahkan Dianto, "Karena kita sudah over produksi hasil pertanian, terutama cabe dan kentang sehingga harganya turun. Kalau kita bisa menjual hasil pertanian tersebut ke Luar mudah-mudahan bisa membantu meningkatkan harga di tingkat petani menjadi 100 persen," pungkas Sekda.

Sementara Itu, Kepala Balai Karantina Pertanian Kelas I Jambi Abidin, menyebutkan total nilai komoditi pertanian yang diekspor hari ini mencapai Rp 9,4 Miliar Lebih, dengan negara tujuan Thailand, korea selatan, Pakistan, Jepang, dan Malaysia.

 

 

Reporter : E. Haryanto

Editor     : Ansori