Penyelarasan Program 2020, Bappeda Sarolangun Mantapkan Forgab OPD

Kamis, 14 Maret 2019 - 22:12:20 | dibaca: 189 kali


Asisten III Setda Pemkab Sarolangun, Azrian MSi dan Ir Dedy Hendry MSi
Asisten III Setda Pemkab Sarolangun, Azrian MSi dan Ir Dedy Hendry MSi /

Radarjambi.co.id-SAROLANGUN- Rancangan atas Rencana Kerja (Renja) Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Sarolangun mulai dilakukan pembahasan dengan melaksanakan Forum Gabungan (Forgab) OPD.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Bappeda Sarolangun selama tiga hari, berlangsung sejak Rabu (13/3) hingga Jum'at (15/3).

Pembukaan Forgab OPD dibuka oleh Asisten III Setda Pemkab Sarolangun, Azrian MSi didampingi Plt Kepala Bappeda, Ir Dedy Hendry MSi dan diikuti oleh masing-masing perwakilan OPD.

Plt Kepala Kepala Bappeda, Ir Dedy Hendry MSi dalam kata sambutan mengatakan, pembahasan Renja OPD meliputi, penyelerasan program dan kegiatan OPD berdasarkan usulan program dan kegiatan hasil Musrenbang Kecamatan, penajaman indikator dan target kinerja program dan kegiatan, lokasi dan kelompok sasaran di Kecamatan.

“Pembahasan rancangan Renja OPD juga meliputi, penyelarasan  program dan kegiatan antar OPD kabupaten yang akan dilaksanakan di Kecamatan dalam rangka mensinergikan pelaksanaan dan optimalisasi pencapaian sasaran dan penyesuaian program dan kegiatan antar OPD yang akan dilaksanakan di kecamatan,”sebutnya.

Lebih  penting lagi, kata Dedy Hendry Forgab OPD juga untuk menciptakan keterpaduan dan keselarasan usulan kegiatan dari hasil Musrenbang kecamatan dan rancangan awal Renja OPD serta yang bersumber dari hasil reses anggota DPRD, dalam perencanaan dan penganggaran pembangunan daerah.

“Kita berharap pelaksanaan Forgab OPD bisa menghasil out put, yakni memuat kerangka regulasi dan kerangka anggaran OPD tahun 2020 dan program kegiatan prioritas yang sudah dipilih menurut sumber pendanaan dari APBD Kabupaten, APBD Provinsi dan APBN yang termuat dalam rancangan Renja OPD,”terangnya.

Terpisah, Bupati Sarolangun melalui Asisten III, Azrian MSi mengatakan, Forgab OPD tindaklanjut dari kegiatan konsultasi publik yang sudah dilakukan. Forgab OPD merupakan rangkaian yang harus dilewati dalam penyusunan Renja Pemerintah Daerah ‎tahun 2020 mendatang.

“‎Forgab OPD bagian dari proses pembangunan yang harus dilalui dalam penyusunan RKPD tahun 2020 mendatang,” kata Azrian.

Selain itu, Azrian menginginkan agar peserta Forgab OPD mencerminkan kebutuhan riil masyarakat dalam penyusunan program antar OPD antar wilayah dengan skala prioritas yang dapat diterima oleh masyarakat.

"OPD diminta untuk fokus dan optimal merumuskan beberapa kebijakan dan program kegiatan strategis sesuai dengan kebutuhan masyarakat Kabupaten Sarolangun,"tandasnya.

Penulis : Charles Rangkuti