Dua Jabatan Eselon II Pemprov Jambi Positif Dilelang

Selasa, 19 Maret 2019 - 20:48:54


Ilustrasi
Ilustrasi /

Radarjambi.co.id - KOTA JAMBI - Tahun ini, dipastikan akan kembali ada lelang jabatan untuk eselon II.

Husairi, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Jambi mengatakan, jabatan yang akan diisi adalah Kepala Dinas Ketenagaankerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) dan Kepala Kesbangpol.

Dia mengatakan, jabatan kepala Disnakertrans saat ini masih dipegang oleh Pelaksana Tugas (Plt), sementara Badan Kesbangpol masih dipimpin oleh Kepala Badan definitif, namun segera memasuki masa pensiun.

"Bisa saja lelang jabatan dilaksanakan sebelum Oktober atau November itu," katanya.

Selanjutnya untuk eselon II yang dilantik dari hasil lelang tahun 2017, menurut Husairi akan memasuki masa jabatan selama dua tahun pada Agustus mendatang.

Karena sudah memasuki dua tahun, maka gubernur akan mengevaluasi. Yakni dengan cara assesment.

"Tidak harus semuanya ikut assesment, tergantung Gubernur. Kalau menurut Pak Gubernur perlu, maka harus ikut. Kalau Pak gubernur menilai yang bersangkutan tidak cocok atau kemampuannya tidak di posisi tersebut, bisa dipindahkan," katanya.

Ditanyakan apakah eselon II yang mengikuti assesment dan tidak layak bisa dinonjobkan? Husairi mengatakan tidak sampai pada nonjob. Namun bisa dilakukan penurunan jabatan. Misalnya dari eselon II A, diturunkan menjadi eselon II B.

Dia mengatakan, proses assesment ulang pejabat eselon II tersebut tidak akan sepanjang proses lelang jabatan.

Pihaknya telah menganggarkan di APBD 2019 untuk pelaksanaan seluruh rangkaian lelang jabatan serta assesment pejabat eselon II. 

Namun Husairi mengaku tidak hapal berapa anggaran yang disediakan. "Saya lupa, tidak bisa dikira-kira karena itu menyangkut angka," katanya.

Untuk lelang jabatan sendiri, polanya tetap sama dengan yang sebelumnya. Menggunakan assesor dari luar, serta panitia seleksi yang terdiri dari internal dan eksternal Pemprov Jambi.

"Kalau kemarin assesor dari LAN Bandung. Pansel tetap harus ada internal Pemprov dan eksternal," tandasnya.

 

 

Reporter : E. Haryanto

Editor     : Ansori