Dewan Sampaikan Apresiasi Kinerja Pemkab Tanjabbar

Selasa, 19 Maret 2019 - 20:54:37


Ketua DPRD Tanjab Barat, Faizal Riza Menyampaikan Sambutan
Ketua DPRD Tanjab Barat, Faizal Riza Menyampaikan Sambutan /

Radarjambi.co.id - KUALA TUNGKAL - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tanjab Barat menyampaikan apresiasi atas kinerja Pemerintah Kabupaten Tanjab Barat, dalam memprioritas pembangunan infrastruktur meski dengan anggaran yang terbatas.

Hal ini disanpaikan lansung Ketua DPRD Tanjab Barat, Faizal Riza ST MM saat memberi sambutan pada acara Musrembang RKPD Kabupaten Tanjung Jabung Barat Tahun 2020 dengan mengangkat tema, 'memantapkan pembangunan infrastruktur dan sumber daya manusia dalam rangka percepatan pemerataan kesejahteraan rakyat' yang dilaksanakan oleh Bappeda Kabupaten Tanjabbar, Selasa (19/3/2019).

"Insya Allah kami berjuang bersama masyarakat dalam rangka melihat pembangunan. Kami sebagai DPRD sinergi apa yang telah dilakukan pembangunan di Kabupaten Tanjung Jabung Barat," ujarnya.

Kemudian hal-hal lainnya, Faizal Riza mengapresiasi pencapaian Pemkab Tanjabbar seperti infrastruktur jalan, air bersih yang akan mengalir ke Kuala Tungkal.

"Kita akan mendorong apa yang akan menjadi prioritas Bupati dalam pembangunan agar Kabupaten Tanjung Jabung Barat dapat lebih baik lagi. Sekali lagi kita mengapresiasi apa yang selama ini dilaksanakan dan capaian oleh pemerintah daerah dalam hal ini Bupati Tanjab Barat atas kinerjanya," ungkap Icol, saapaan akrabnya.

Dia menjelaskan, anggaran pembangunan bukan hanya dari APBD, tapi juga dari APBN baik melalui dana DAK ataupun lansung kementerian. Dengan anggaran yang terbatas, menurut Faizal Riza, prioritas pembangunan infrastruktur dapat diutamakan oleh daerah.

Hanya saja, Ketua DPRD menyayangkan sikap responden dari OPD masih ada yang belum mengerti atas keinginan dan tujuan dari kepala daerah. 

"Contohnya pada saat rapat, OPD kurang menguasai dalam penjabaran program kerja untuk mensukseskan visi misi Bupati, sehingga tidak terlaksanakan dengan maksimal," paparnya.

Menurut Ketua DPRD Tanjabbar, hal itu tampak saat dalam rapat pembahasan atau paripurna di gedung DPRD sendiri. 

Selain itu, dia juga menyinggung beberapa pengerjaan yang hingga saat ini belum terselesaikan dengan baik.

"Partisipasi stakeholder yang ada di Kabupaten Tanjab Barat seperti para perusahaan untuk turut andil dalam pembangunan atau bantuan langsung ke masyarakat," sebutnya.

Lebih lanjut, Faizal Riza Berharap apa yang menjadi masukan Dewan Tanjabbar dapat bermanfaat bagi Pemkab untuk pembangunan dan masyarakat Tanjab Barat.

Hadir pada Musrembang tersebut, Beberapa anggota DPRD Tanjabbar mewakili Komisi, Bupati dan Wakil Bupati Tanjabbar, para Kepala OPD, Para Camat, Forkompimda, serta para tamu undangan lainnya. 

Sementara itu, Bupati Tanjung Jabung Barat DR. Ir. H. Safrial, MS dalam sambutannya menyampaikan musrenbang yang dilaksanakan saat ini merupakan salah satu tahapan proses perencanaan pembangunan daerah yang, mempedomani peraturan menteri dalam negeri nomor 86 Tahun 2017 tentang tata cara perencanaan, pengendalian dan evaluasi rancangan peraturan tentang rencana pembangunan jangka panjang daerah dan rencana pembangunan jangka menengah daerah serta tata cara perubahan rencana pembangunan jangka daerah.

"Tahun 2019 merupakan tahun keempat pemerintahan kami, berkaitan dengan itu penting saya sampaikan kondisi makro ekonomi Kabupaten Tanjung Jabung Barat saat ini yang menjadi indikator dasar sekaligus tantangan yang akan dihadapi dalam membangun Tanjung Jabung Barat kedepan," ungkapnya.

Dengan tema Musrenbang Kabupaten Tanjung Jabung Barat Tahun 2020 yaitu “Memantapkan pembangunan infrastruktur dan sumber daya manusia dalam rangka percepatan pemerataan kesejahtraan rakyat”.

Diharapkan mampu menjawab tantangan kedepan dengan beberapa fokus pembangunan yang berorientasi pada pembangunan berkualitas seperti infrastruktur jalan, infrasrtuktur pelabuhan, listrik, penyediaan air minum, dan penataan kumuh perkotaan.

 

 

Reporter : Kenata

Editor     : Ansori