Musrenbang RKPD Tanjabbar Tahun 2020 Resmi Dibuka Bupati Tanjabbar

Selasa, 19 Maret 2019 - 21:07:26


OPD yang Hadir dalan Musrembang
OPD yang Hadir dalan Musrembang /

Radarjambi.co.id - KUALA TUNGKAL - Bupati Tanjung Jabung Barat DR. Ir. H. Safrial, MS membuka secara resmi Musyawarah Perencanaan Pembangunan rencana kerja Pemerintah Daerah (Musrenbang RKPD) Kabupaten Tanjung Jabung Barat Tahun 2020 yang diadakan oleh Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) bertempat di Balai Pertemuan Kantor Bupati, Selasa (19/3).

Dalam sambutannya, Bupati mengharapkan agar pihaknya bersama-sama mampu menjawab tantangan kedepan dengan beberapa fokus pembangunan yang berorientasi pada pembangunan berkualitas seperti infrastruktur jalan, infrasrtuktur pelabuhan, listrik, penyediaan air minum, dan penataan kumuh perkotaan. 

"Tahun 2019 ini merupakan tahun keempat pemerintahan kami berkaitan dengan itu penting saya sampaikan kondisi makro ekonomi Kabupaten Tanjung Jabung Barat saat ini yang menjadi indikator dasar sekaligus tantangan yang akan dihadapi dalam membangun Tanjab Barat kedepan," bebernya.

Sementara itu Kepala Bapeda Tanjabbar, Ir Firdaus Khatab MM selaku Ketua Panitia menyampaikan musrenbang yang dilaksanakan saat ini merupakan salah satu tahapan proses perencanaan pembangunan daerah.

Yang mempedomani peraturan menteri dalam negeri nomor 86 Tahun 2017 tentang tata cara perencanaan, pengendalian dan evaluasi rancangan peraturan tentang rencana pembangunan jangka panjang daerah.

Dan rencana pembangunan jangka menengah daerah serta tata cara perubahan rencana pembangunan jangka pendek daerah.

"Selain itu, Musrenbang ini juga bertujuan untuk membahas dan menyepakati RKPD Tanjab Barat Tahun 2020," ungkapnya.

Selain itu diharapkan Firdaus, dengan adanya musrenbang meningkatkan kualitas hidup masyarakat melalui pembangunan infrastruktur, pendidikan, kesehatan dan pelestarian lingkungan hidup, pengembangan parawisata sekaligus kawasan parawisata mangrove.

"Kita berharap musrenbang ini menjadi musrenbang yang berkualitas dan menghasilkan program pembangunan skala prioritas yang bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat," harapnya.

Musrenbang RKPD Kabupaten Tanjung Jabung Barat Tahun 2020 yang dibuka secara resmi Bupati Tanjung Jabung Barat, dan saksikan oleh Wakil Bupati, Ketua DPRD Tanjab Barat, para Camat dan Para Kepala OPD Tanjab Barat, Bappeda Tanjab Timur ataupun Kabupaten tetangga serta pejabat Daerah perbatasan Tanjab Barat, bertempat di gedung Balai Pertemuan Kantor Bupati, Selasa (19/3).

Selain itu, panitia pelaksana juga mengundang Pemateri arah dan kebijakan pemerintah pusat yang diisi oleh Sudira, S.Sos, M. AP dari Bappenas, Materi arah dan kebijakan Provinsi Jambi oleh Sekretaris Bappeda Provinsi Jambi, Materi dan arah kebijakan Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat oleh Kepala Bappeda Tanjung Jabung Barat Ir. H. firdaus Khatab, MM.

Usai acara Musrenbang seluruh peserta Musrenbang RKPD Tanjung Jabung Barat menyepakati beberapa poin diantaranya sasaran dan prioritas pembangunan daerah serta rencana program dan kegiatan yang disertai indikator dan target kinerja

Terpisah, Ketua DPRD Tanjabbar, Faizal Riza ST MM dalam sambutannya mengapresiasi capaian pembangunan selama kepemerintahan Bupati Safrial.

"Kita akan terus tingkatkan sinergitas serta mendorong pembangunan yang menjadi prioritas Visi Misi Bupati," ungkapnya.

Acara kemudian dilanjutkan dengan penandatangan berita acara hasil kesepakatan musrenbang RKPD Kabupaten Tanjung Jabung Barat Tahun 2020 yang ditandatangani Bupati Safrial, Ketua DPRD Faizal Riza, Kepala OPD dan Peserta Musrenbang RKPD Kabupaten Tanjung Jabung Barat Tahun 2020.

 

 

Reporter : Kenata

Editor     : Ansori