598.990 Surat Suara Tiba di KPUD Batanghari

Rabu, 20 Maret 2019 - 20:38:51


Surat suara tiba di Kabupaten Batanghari
Surat suara tiba di Kabupaten Batanghari /

Radarjambi.co.id - MUARABULIAN - Sebanyak 598.990 lembar surat suara telah tiba di Kantor Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Batanghari Rabu (20/3). Surat suara tiba sekitar pukul 05.00 Wib, yang dintarkan mobil truk kontainer.

Ketua KPUD Kabupaten Batanghari, A Kadir, menyebutkan ratusan ribu surat suara diantarkan CV Mekar Sari Ardhi dari Kecamatan Cielungsi, Kabupaten Bogor. Surat suara yang diterima dimuat dalam 907 boks surat suara.

“907 boks itu terdiri dari surat suara pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, surat suara pemilihan DPD, DPR Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota. Sementara untuk surat suara pemilihan DPR RI kedatangannya menyusul dalam pengiriman selanjutnya," ungkapnya.

A Kadir sendiri menjelaskan, dari 598.990 lembar surat suara tersebut, terdapat empat macam surat suara. 

Rincianya, 196.482 surat suara pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, 9.000 surat suara pemilihan DPD RI, 196.482 surat suara pemilihan DPR Provinsi, 193.026 surat suara pemilihan DPRD Kabupaten/Kota dan 4.000 surat suara untuk pemilihan ulang.

Dalam dua hari kedepan, sambungnya, KPU Batanghari berencana akan langsung melakukan proses penyortiran dan pelipatan surat suara. 

Hal itu dilakukan jika terjadi kekurangan surat suara, pihaknya akan langsung melaporkan ke KPU provinsi.

"Namun terlebih dahulu akan kita lakukan rapat bersama Bawaslu dan pihak kepolisian terkait teknis pelaksanaan pelipatan surat suara tersebut," ucanya.

Adapun dalam pertemuan dengan Bawaslu akan membahas terkait lokasi pelaksanaan pelipatan surat suara, pengamanan dalam pelaksanaan penyortiran dan pelipatan, serta petugas yang akan diperbantukan dalam proses pelipatan.

 

 

Reporter : Didi

Editor     : Ansori