Dua Jurusan SMK Positif Dihapus

Kamis, 21 Maret 2019 - 20:43:25


Jurusan Teknik Komputer Jaringan Akan di Hapus
Jurusan Teknik Komputer Jaringan Akan di Hapus /

Radarjambi.co.id - KOTA JAMBI – Wacana penghapusan sejumlah jurusan secara nasional, nampaknya segera mulai dilaksanakan.

Dua jurusan SMK, sangat direkomendasikan dihapuskan. Keduanya adalah jurusan Administrasi Perkantoran, dan jurusan Teknik Komputer Jaringan. 

Keduanya dihapuskan karena dianggap kemampuan kedua keahlian itu sudah lumrah dimiliki tak hanya oleh lulusan SMK.

Kasi Kurikulum dan Penilaian SMK Dinas Pendidikan Provinsi Jambi, Svempri mengatakan, kedua jurusan tersebut memang direkomendasikan dihapuskan. Kemudian untuk administrasi perkantoran, spektrumnya akan beralih ke jurusan Digitalisasi Perkantoran.

“Lulusan SMA juga bisa melakukan pekerjaan administasi perkantoran. Kalau diproduksi di SMK, keahliannya harus lebih. Makanya diarahkan ke digitalisasi perkantoran,” katanya.

Kemudian untuk Teknik Komputer Jariangan (TKJ) akan lebih diarahkan ke jurusan Multimedia.

Karena jaringan komputer, sekarang sudah dianggap lumrah. Semua orang, jika belajar bisa menguasai jariangan komputer. Sehingga jurusan multimedia dianggap lebih potensial. 

“Kalau multimedia mereka bisa design. Bisa mengasah kreatifitas,” katanya.

Ditanyakan mengenai peminat jurusan Administrasi Perkantoran dan TKJ, Svempri mengatakan selama jurusan itu masih membuka pendaftaran, pasti masih akan ada yang masuk. Namun, penghapusan jurusan itu, tidak akan dilakukan secara tiba-tiba. Melainkan secara bertahap. 

“Misalnya dengan cara tidak lagi menambah kelas baru saat pendaftaran. Atau tidak membuka pendaftaran sebanyak tahun sebelumnya,” katanya.

Kemudian, dilanjutkannya sebenarnya untuk lulusan SMK ini, harus ada koordinasi dengan pihak perusahaan. Karena lulusan SMK dipersiapkan untuk langsung bekerja. Kepedulian perusahaan-perusahaan di Jambi sangat dibutuhkan untuk menampung lulusan SMK yang berkompetensi.

“Untuk skala besar, sebenarnya ada keterkaitan dengan keberadaan perusahaan di Jambi. SMK harus diback up oleh perusahaan-perusahaan pendukung. Keahlian apa yang mereka butuhkan, untuk diisi oleh lulusan SMK ini,” tandasnya.

 

 

Reporter : E. Haryanto

Editor     : Ansori