Bakal Bangun 1000 WC Sekolah

Kamis, 21 Maret 2019 - 21:15:14 | dibaca: 76 kali


Fasha Memberikan Keterangan Pers
Fasha Memberikan Keterangan Pers /

Radarjambi.co.id - KOTA JAMBI - Terkait rencana pembanguna WC yang rusak dan tidak layak pakai disekolah- sekolah SD dan SMP di Kota Jambi Walikota Jambi Syarif Fasha menyampaikan bahwa rencana pembangunan seribu WC tersebut telah di masukkan dalam RPJMD.

“Dicanangkan di RPJMD ini, masuk dalam RPJMD ada gerakan seribu WC, lagi untuk SD dan SMP,”ujarnya.

Lebih lanjut Fasha mengatakan bahwa pembangunan baru bisa dilakukan pada 2010 mendatang , sementara untuk tahun 2019 dirinya belum bisa memastikan apakah ada pembangunan WC atau tidak.

“Harusnya 2020 karena RPJMD ini kan baru bisa dilaksanakan di 2020 tapi saya lupa apakah di tahun 2019 ada, biasanya kalu pembangunan unit kelas baru ada WC nya juga, Iya saya tahu itu tapi pada setiap sekolah itu sudah ada penambahan WC baru,” ujarnya.

Fasha menghimbau kepada para orangtua agar dapat memahami dan tidak melakukan protes jika disekolah-sekolah diberlakukan sistem piket kelas sebab hal tersebut untuk mendidik dan mengajarkan anak-anak akan tanggungjawab.

“Saya menghimbau kepada para orangtua karena ada keluhan-keluhan dari para guru di sekolah-sekolah baik SD atau SMP kita teringat jaman-jaman dahulu bahwasanya ada piket kelas membersihkan kelas, piket membersihkan toilet, yang dilakukan oleh anak-anak tersebut tetapi orang tua banyak yang protes. Dikatakannya anak kami ini mau sekolah bukan mau nyampu lantai, bukan mau bersihkan Wc, padahal itu adalah ada nilainya tertanam pada diri mereka yaitu nilai tanggung jawab terhadap kebersihan dan hal lainnya ,”terang Fasha.

Fasha mencontohkan bagaimana sikap seorang anak yang bertanggungjawab seperti yang dilakukan pada sekolah-sekolah jaman dahulu, Dirinya akan memberikan penjelasan kepada para orang tua siswa kedepannya. 

“Nah ini yang akan kami coba galakkan lagi disetiap sekolah seperti muatan lokal bagaimana memberdayakan piket ini. Jadi ibarat kalau mereka ingin misalnya buang air tidak disiram dia mikir daripada saya bersihkan sendiri lebih baik saya siram saja. Atau misalnya kalau saya tidak siram kasihan teman saya membersihkannya nanti nah budaya seperti itulah yang akan kita edukasi kepada anak-anak kita dan kita berikan penjelasan kepada orang tua kedepannya,”lanjutnya.

 

 

Reporter : Musriah

Editor     : Ansori