Dewan Sambut Positif Kinerja DLH Soal Perawatan dan Pemangkasan Pohon Tua

Senin, 01 April 2019 - 21:08:48


Salah satu pohon beringin di kota Jambi yang berusia tua
Salah satu pohon beringin di kota Jambi yang berusia tua /

 

Radarjambi.co.id - KOTA JAMBI - Hujan lebat dan angin kencang yang kerap melanda Kota Jambi akhir-akhir ini membuat kekhawatiran sendiri bagi masyarakat terutama yang bertempat tinggal dekat dengan pohon tinggi dan lebat.

Sehingga banyak permintaan masyarakat yang meminta agar Dinas Lingkungan Hidup Kota Jambi melakukan pemangkasan pohon.

Menanggapi hal tersebut Ketua Komisi lll DPRD Kota Jambi Junedi Singarimbun saat dikonfirmasi mengatakan bahwa memang sudah seharusnya dinas terkait untuk melakukan perawatan terhadap pohon-pohon yang ada di Kota Jambi, pasalnya pohon-pohon tersebut memang usianya sudah tua.

“Pohon-pohon kita ini yang sudah lumayan tua memang sudah seharusnya ada perawatan dari dinas terkait. Tentunya pihak dari pertamanan mana ranting-ranting dahan yang harus dipangkas sehingga tidak membahayakan masyarakat,”ujarnya.

Junedi Juga mengatakan bahwa pemangkasan pohon-phon tersebut sebaiknya segera dilakukan, sebab menurutnya di Kota Jambi belum memiliki asuransi jika ada korban yang tertimpa pohon.

“Jadi itu memang harus cepat dilakukan dari pihak pertamanan atau DLH, untuk segera mendata kalau memang pohon-pohon tersebut harus dipangkas, agar segera dilakukan,”terangnya. 

Ditambahkan Junedi bahwa melihat kondisi alam saat ini yang berada pada musim hujan yang disertai angin kencang, hal tersebut memang mengancam keselamatan masyarakat terutama pengguna jalan.

“Karena dengan kondisi alam sekarang yang musim hujan deras dan angin yang kencang itu yang harus kita waspadai terhadap keamanan masyarakat terutama pengguna jalan,”tambah Junedi. 

Sebelumnya Ardi, Kepala DLH Kota Jambi menyampaikan bahwa sudah ada jadwal pemotongan pohon yang akan dilaksanakan hingga pertengahan April mendatang. Sebab banyak permintaan yang masuk agar DLH melakukan pemotongan pohon.

"Kami banyak mendapatkan permintaan dari warga untuk memangkas pohon. Terutama pohon yang sudah sangat rindang,berusia tua dan berada dipinggir jalan,"ujarnya.

Dikatakannya bahwa warga meminta DLH memotong atau hanya sekedar memangkas beberapa pohon yang dikhawatirkan bisa tumbang saat hujan dan angin kencang.

"Apalagi sekarangkan sering turun hujan dan angin puting beliung,"terangnya.

Dikatakan Ardi bahwa sudah ada sekitar 20an pohon yang akan dipangkas. Pohon tersebut tersebar di beberapa kawasan di Kota Jambi. Sebagian besar merupakan pohon yang sudah tua,tinggi dan rimbun.

"Kita bahkan sudah ada jadwalnya. Berurutan full setiap hari tim kita turun untuk melakukan pemangkasan pohon. Jadwalnya full sampai pertengahan April. Jadi kita kejar untuk melakukan pemangkasan terutama saat musim hujan kali ini,"terangnya.

Ardi mengatakan dalam satu hari, timnya bisa melakukan pemotongan di satu atau dua lokasi. Namun ada juga yang satu pohon yang membutuhkan waktu pemotongan hingga dua hari. Ini tergantung dari ukuran dan lokasi pohon.

"Tergantung pohonnya. Ada satu pohon itu sampai dua hari kita membutuhkan waktu untuk potong. Namun ada juga yang dalam satu hati dua pohon yang bisa kita pangkas,"terangnya.

 

 

Reporter : Hilman

Editor     : Ansori