Maulana Dukung IPHI Bangun Ekonomi Syariah di Kota Jambi

Rabu, 03 April 2019 - 20:21:15


Pengukuhan Pengurus Daerah dan Rakerda II IPHI Kota Jambi
Pengukuhan Pengurus Daerah dan Rakerda II IPHI Kota Jambi /

Radarjambi.co.id - KOTA JAMBI - Wakil Walikota Jambi, Maulana menghadiri Pengukuhan Pengurus Daerah dan Rakerda II IPHI Kota Jambi serta Harlah IPHI ke 29 di balai asrama Haji Jambi, dikawasan Kota Baru, Kota Jambi, Selasa (2/4).

Maulana menyambut baik dan afresiasi terhadap keberadaan organisasi Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Kota Jambi sebagai sebuah organisasi Islam yang memiliki peranan penting untuk membantu Ummat.

"Atas nama Pemerintah Kota Jambi menghanturkan terimakasih dan memberikan afresiasi terhadap pengurus yang lama. Seiring cita-cita kita menjadikan Kota Jambi sebagai kota perdagangan dan jasa maka IPHI juga memiliki peran dalam mewujudkan cita-cita kita, " ujarnya dihadapan ratusan peserta IPHI Kota Jambi.

Maka dari itu, Maulana mengajak seluruh anggota IPHI untuk berkontribusi memajukan Kota Jambi sebagai kota perdagangan dan kota jasa. Apalagi, Kota Jambi merupakan kota yang sangat minim memiliki penghasilan dari sektor sumber daya alam tetapi unggul dibidang SDM nya.

"Karena transaksi PAD Kota Jambi paling besar disumbangkan dari jasa dan perdagangan," imbuhnya.

Menurut Maulana, saat ini pada siang hari di Kota Jambi ada sekitar 1 juta orang yang bergerak melakukan aktifiras transaksi, begitupun pada saat di malam hari ada sekitar 700 orang yang bergerak melakukan aktiftas.

Maka dari itu kata Maulana, Pemkot Jambi terus berkomitmen membangun Kota Jambi sebagai kota jasa dan kota perdagangan, seperti saat ini yang tengah di galakan yaitu sadar berwisata dengan memanfaatkan potensi Danau Sipin.

"Kita berpikir bagaimana rakyat Jambi itu sejahtera, saya sudah berjumpa dengan dirut Bank 9 Jambi agar menyalurkan bantuan dana syariah untuk berwirasusaha," ujarnya.

Karena menurutmya, IPHI memiliki potensi SDM yang unggul dalam membangun perekonomian baik secara mikro maupun non mikro.

Selain itu, pihaknya saat ini juga telah menggandeng OJK untuk memberikan bantuan modal bagi pelaku usaha kecil.

"Kita berharap organisasi islam bisa mengambil peran dalam membangun ekonomi syariah, tidak hanya IPHI tetapi organisasi Islam lainnya," urainya.

Sementara itu Ahmad Karimuddin, Ketua IPHI Wilayah Provinsi Jambi juga mengucapkan terimaksih kepada Wakil Walikota Jambi yang telah mengukuhkan IPHI Kota Jambi.

"Saya berharap IPHI Kota Jambi tidak hanya berlangsung saat pelantikan saja, tetapi IPHI kota jambi mampu bekerja untuk kemajuan organisasi selama lima tahun masa priodenya," sebutnya.

Dia juga mengajak para IPHI untuk menjaga lisan dan ahlakh agar menjadi haji yang mambrur agar IPHI Kota Jambi menjadi barometer IPHI di Kabupaten/Kota di Provinsi Jambi.

"Saya harap IPHI Kota Jambi mampu seperti IPHI di Kabupaten Sarolangun, karena saat ini IPHI yang terbaik adalah IPHI Sarolangun," sebutnya.

Begitupun dia berharap IPH Kabupaten lainnya akan menyusul. Selain itu katanya IPHI Kabupaten Bungo sudah memiliki arena MTQ sendiri dengan luas lokasi 25 hektar.

"Tujuan dari IPHI ini adalah juga membangun ekonomi haji melalui koperasi, dan hal itu juga ditegaskan IPHI tidak hanya bergerak dibidang koperasi saja. Tetapi sudah disepakati beberapa program, seperti kegiatan disektor ibadah seperti bimbingan manasik haji pada saat sabtu dan minggu, harapan kita semua pengurus tetap kompak," bebernya.

 

 

Reporter : Musriah

Editor     : Ansori