1,2 Miliar Digelontorkan Untuk Jalan Produksi

Minggu, 14 April 2019 - 19:45:49


Ilustrasi
Ilustrasi /

Radarjambi.co.id - MUARABULIAN - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Batanghari melalui Dinas Perkebunan dan Peternakan di tahun 2019 ini akan membangun jalan produksi untuk menggenjot komoditas pertanian dan peternakan para petani.

Kepala Bidang Prasarana dan Sarana Dinas Perkebunan dan Peternakan kabupaten Batanghari, Afrizon, SP mengatakan bahwa di tahun ini untuk pembangunan jalan produksi ada dua sumber dana, pertama dari dana DAK dan kedua bersumber dari APBD.

"Untuk tahun ini kita mendapatkan anggaran jalan produksi, yaitu bersumber DAK sebesar Rp 230 juta yang diperuntukkan di Desa Terusan dengan panjang jalan produksi 1 KM, sedangkan yang bersumber dari APBD sebesar Rp 1 Milyar lebih dengan panjang jalan 5 KM. Dan rencana akan diperuntukkan di tiga kecamatan yakni kecamatan Bajubang, Mersam dan Tembesi," ungkap Afrizon.

Menurut dia, pembangunan Jalan Produksi sangatlah dibutuhkan bagi para petani untuk memasarkan komuditas hasil pertanian ke pasar maupun ke tengkulak. Namun sayangnya, diakuinya, banyak para kelompok tani tidak mengetahui bagaimana cara mendapatkan anggaran jalan produksi tersebut.

"Anggaran jalan produksi merupakan usulan dari kelomok tani yang diketahui oleh kepala desa masing-masing, namun sampai saat ini masih banyak daftar tunggu, karena kita bergantian," sambung afrizon.

Ketika ditanya kapan berjalannya kegiatan tersebut Afrizon menyebut, kegiatan akan berjalan apabila proses tender telah selesai. Kata dia, kemungkinan kegiatan pembangunan jalan produksi sudah bisa dilaksanakan pada bulan april.

"Insya Allah bulan April tender, dan segera kita laksanakan kegiatan tersebut," tutup Afrizon.

 

 

Reporter : Didi

Editor     : Ansori