Dua Kelurahan Diterjang Puting Beliung

Minggu, 14 April 2019 - 21:26:14 | dibaca: 94 kali


Salah satu atap rumah warga yang terlepas akibat Puting Beling yang melanda Kota Jambi minggu sore kemarin
Salah satu atap rumah warga yang terlepas akibat Puting Beling yang melanda Kota Jambi minggu sore kemarin /

Radarjambi.co.id - KOTA JAMBI - Akibat angin kencang dan hujan deras yang melanda Kota Jambi, Minggu sore (14/4). Tercatat sekitar 18 rumah terkena angin puting beliung. Data ini sesuai dengan laporan yang sudah masuk ke BPBD Damkar Kota Jambi.

18 Rumah tersebut ada di sekitar kelurahan kenali Asam Bawah dan kelurahan Mayang mangurai. 15 Diantaranya terjadi di kelurahan kenali asam bawah dan 3 terjadi di kelurahan Mayang Mangurai.

Akibat angin puting beliung ini, rumah warga tidak lagi memiliki atap, karena atapnya terbang dibawa oleh angin kencang.

Dikatakan kepala BPBD Damkar Kota Jambi A Ridwan bahwa Senin (15/4) sekitar pukul 10.00 WIB Pemkot Jambi melalui Walikota Jambi Syarif Fasha akan menyerahkan bantuan langsung dari pemkot Jambi. Bantuan yang diserahkan tersebut berupa sembako, sandang, dan pangan.

"Kita serahkan dulu bantuan untuk kebutuhan pokoknya," katanya.

Menurutnya rumah yang terkena angin puting beliung ini terjadi di perumahan Bersubsidi dan rumah pribadi.

"Ada 14 rumah pribadi yang terkena angin puting beliung, selebihnya terjadi di perumahan bersubsidi," jelasnya.

Setelah tercatat berapa unit rumah yang terkena angin puting beliung. Nantinya pihak investigasi BPBD damkar akan menghitung berapa kerugian rumah warga yang terkena angin puting beling.

"Untuk ganti rugi fisiknya pemkot akan tetap membantu, sesuai dengan hasil investigasi kami," katanya.

Sementara ini, warga yang rumahnya terkena angin puting beliung diungsikan ke rumah keluarganya atau kerumah tetangganya. Pihak BPBD damkar hingga saat ini belum mendirikan Tenda darurat, karena kejadian angin puting beliung tidak terjadi di satu titik hamparan.

"Melainkan terjadi di beberapa titik yang berbeda, sehingga di sepakati korban rumah puting beliung diungsikan kerumah keluarga atau tetangga," ujarnya.

Namun jika diminta untuk mendirikan tenda. Maka pihaknya siap untuk mendirikan tenda darurat, jika memang dibutuhkan.

 

 

Reporter : Musriah

Editor     : Ansori