Puluhan Ekor Ayam Mati Mendadak

Minggu, 21 April 2019 - 20:27:38


Ilustrasi
Ilustrasi /

Radarjambi.co.id - MUARASABAK - Puluhan ekor ayam peliharaan mati mendadak di RT 09 Kelurahan Sabak Ilir, Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim) sehingga warga harus merelakan hal tersebut. Bahkan dalam satu hari, ayam yang mati bisa mencapai lima ekor.

Ponirah, salah seorang warga mengatakan, dua hari yang lalu kondisi ayam peliharaannya sehat-sehat saja. Namun sore harinya, ayam tiba-tiba langsung mati saat tengah mencari makan. Sejak itu pula ayam yang lain pun ikut mati.

"Hampir satu RT, habis semua ayam peliharaan warga," ujar Ponirah, Minggu (21/4).

Dikatakannya lagi, kejadian ini bukan merupakan yang pertama kalinya. Beberapa bulan lalu kejadian serupa juga pernah terjadi. Namun tidak menular ke ayam lain.

"Yang ini memang cepat. Setelah satu ayam mati, tidak lama kemudian ayam lainnya juga mati," beber Ponirah.

Hal senada disampaikam Warno. Dikatakan Warno, ayam peliharaannya mati dalam satu malam, mulai dari yang kecil hingga yang besar pun tidak ada tersisa. Padahal tidak ada tanda-tanda sakit atau tidak sehat.

"Biasanya kalau sakit kan banyak tandanya. Ini ayam tengah lari pun tiba-tiba langsung mati," ujar Warno.

Ditambahkannya, yang tersisa saat ini ayam milik warga yang memang permukimannya cukup jauh.

"Yang rumahnya jauh ayamnya aman," kata Warno.

Informasinya, warga tidak berani mengkonsumsi ayam tersebut. Mereka membiarkan ayam mati sia-sia. Beberapa warga pun mengaku lebih memilih membakar bangkai ayam dari pada mengkonsumsinya.

 

 

Reporter : Gunawan

Editor     : Ansori