Golkar Berpeluang Rebut Ketua DPRD Batanghari

Selasa, 23 April 2019 - 21:06:20


Ilustrasi
Ilustrasi /

Radarjambi.co.id - MUARABULIAN - Partai Golongan Karya (Golkar) Kabupaten Batanghari diprediksi menjadi jawara di Pileg di Batanghari 2019. Peluang merebut kursi Ketua DPRD Batanghari pun sangat besar karena mendapat jatah kursi terbanyak.

Meski belum ada perhitungan resmi KPUD Kabupaten Batanghari, Partai Golkar diprediksi akan mendapat jatah 5-6 kursi. 

Sementara Partai PAN yang merupakan partai pemenang Pileg sebelumnya, diprediksi hanya bisa mendapat jatah 4-5 kursi.

Pada pemilu yang telah telah selesai digelar 17 April 2019 lalu, Partai Berlambang beringin ini berhasil menguasai dua Daerah Pemilihan (Dapil), Dapil 1 dan Dapil IV. Dimana dua Dapil ini partai Golkar mendapat jatah dua kursi. 

Adapun Dapil I (Muarabulian-Marosebo Ilir), yang merupakan Dapil nerakanya para Calon Legislatif (Caleg), ada dua Caleg Partai Golkar yang dipastikan duduk diantaranya, Yuninnta Asmara dan Mardiana. Sedangkan untuk Dapil IV, Ja'far dan Sirojudin.

Kursi partai Golkar sendiri ditambah di Dapil II (Pemayung-Bajubang), untuk Dapil II, Caleg Partai Golkar yang dipastikan akan duduk adalah M Amin Z. Kursi untuk Dapil II, ada kemungkinan akan bertambah menjadi 2 kursi. 

Seketaris DPD Golkar Kabupaten Batanghari, Zaidian, mengaku hasil perhitungan sementara intenalnya, Golkar Batanghari telah mendapat jatah 5 kursi. 

Namun, pihak tetap optimis Golkar akan mendapat jatah 6 kursi di DPRD Batanghari.

"Iya, untuk Golkar Batanghari yang sudah jelas dapat jatah lima kursi. Dapil I, dua kursi, Dapil IV dua kursi dan Dapil II, satu kursi. Dan kita tetap sangat optimis di Dapil II, tetap dapat dua kursi," Ungkap Zaidian dihubungi wartawan via ponselnya Selasa (23/4). 

Zaidian sendiri meminta, kadernya Golkar disetiap Dapil terus melakukan pemantau dan pengawasan di tingkat Kecamatan. Ia juga berharap, kadernya dapat menjaga kondisi yang kondusif disetiap Dapil masing-masing.

Terpisah, Seketaris DPD Partai PAN Kabupaten Batanghari, Sasmi, menyebutkan pihaknya masih sangat optimis PAN yang menjadi pemenang di Pileg di Batanghari 2019. Hanya saja, ketika diminta berapa kursi PAN, ia terkesan enggan mengungkapkan.

"Yang jelas Kita optimis, Kita (PAN) yang menjadi pemenang," tegasnya.

Untuk perebutan kursi Wakil Ketua I maupun Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Batanghari, masih akan berlangsung sengit. Masalahnya, masing- masing Parpol diprediki banyak mendapat jatah 4 kursi baik PAN, PKB, PDIP dan Demokrat.

Proses perhitungan suara pemilihan legislatif DPRD Kabupaten Batanghari belum berakhir. Masing-masing Partai Politik (Parpol) masih memantau proses perhitungan formulir C1 atau pleno yang dilanksanakan di Kantor Kecamatan masing-masing.

 

 

Reporter : Didi

Editor     : Ansori